Pandemi Virus Corona Bikin Pendapatan NBA Turun 10 Persen

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Sabtu, 31 Oktober 2020
Pandemi Virus Corona Bikin Pendapatan NBA Turun 10 Persen
LeBron James dan Anthony Davis. (Los Angeles Lakers)

BolaSkor.com - ESPN mengabarkan pengaruh pandemi virus corona cukup memukul NBA. Hal itu setelah pendapatan NBA turun 10 persen pada musim 2019-2020 akibat virus dengan nama lain COVID-19 itu.

Pandemi virus corona memang membuat situasi di seluruh dunia semakin tidak terkendali. Termasuk di Amerika Serikat yang menjadi negara dengan penyebaran terbesar.

Hasilnya, NBA harus menunda kompetisi sejak Maret silam. Ketika akhirnya liga kembali berlangsung pun, pertandingan berjalan tanpa kehadiran penonton.

Baca Juga:

Houston Rockets Tunjuk Stephen Silas sebagai Pelatih Anyar

Andai Bermain di Era Media Sosial, Mungkin Mental Michael Jordan Hancur

Penundaan serta tidak adanya penonton ternyata memengaruhi pemasukan NBA. Maklum, satu di antara profit mereka adalah dari tiket pertandingan.

Menurut laporan ESPN, sekitar 10 persen pendapatan NBA berkurang karenanya. Tidak tanggung-tanggung, sekitar 1,2 miliar dolar kerugian yang didapat NBA.

Jumlah tersebut didapat dari 800 juta dolar potensi penjualan tiket serta 400 juta dola penjualan merchandise. Ditambah lagi 200 juta dolar karena gagal memainkan kompetisi di China.

Dengan situasi yang masih tidak menentu, NBA menghadapi tantangan berat untuk menggelar musim 2020-2021. Apalagi roda ekonomi masih belum stabil.

Terdapat kemungkinan musim depan berlangsung tanpa penonton sama sekali. NBA dan klub di dalamnya diperkirakan bisa mengalami penurunan pendapatan sampai 40 persen.

Breaking News Virus Corona NBA Basket
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan