Pandemi Virus Corona yang Berdampak Besar ke Atlet Paralimpiade

Andhika PutraAndhika Putra - Minggu, 03 Mei 2020
Pandemi Virus Corona yang Berdampak Besar ke Atlet Paralimpiade
Asian Para Games (Inapgoc)

BolaSkor.com - Industri olahraga menjadi sektor yang dirugikan akibat pandemi virus corona. Banyak ajang besar ditunda hingga dibatalkan akibat situasi yang tidak memungkinkan menghelat kegiatan yang mengundang keramaian.

Olimpiade Tokyo 2020 menjadi ajang yang terdampak. Event empat tahunan itu terpaksa diundur ke 2021.

Situasi itu membuat pemusatan latihan nasional (pelatnas) Paralimpiade terpaksa dihentikan. Akibatnya, sebagian atlet harus kehilangan mata pencaharian.

Wakil sekretaris Jendral Komitie Paralimpiade Nasional (NPC), Rima Ferdianto, menjelaskan beberapa atlet hanya mengandalkan gaji pelatnas. Setelah dibubarkan, praktis tak ada pemasukan bagi mereka.

Baca Juga:

SEA Games 2019: Atletik Dapat Emas Kedua, Terbaru dari Emilia Nova

SEA Games 2019: Dua Petinju Masuk Final, Indonesia Hanya Dapat Perak

“Sama sekali tidak ada penghasilan, karena kalau pelatnas diberhentikan, mereka biasanya lanjut pelatda untuk kejuaraan nasional, tetapi bahkan sekarang pelatda saja tidak ada,” ujar Rima.

Situasi ini tak hanya berdampak terhadap finansial para atlet Paralimpiade, tetapi turut menghantam mental.

“Ada yang tetap optimistis, ada yang tetap semangat, ada juga yang langsung down karena kebanyakan mereka bergantung dari sini,” ujar Rima.

Sejauh ini, NPC berusaha mencari jalan tengah untuk para atlet. Setidaknya, para atlet bisa tetap mendapat bantuan dari pemerintah selama pandemi virus corona.

“Pelatih juga tugasnya memberik motivasi selain mencarikan solusi dengan NPC provinsi masing-masing, supaya minimal, mereka dapat bantuan dari pemerintah setempat,” ujar Rima.

Breaking News Olimpiade Olimpiade 2020 Olimpiade Tokyo 2020 Paralimpik
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan