Panpel Arema Siap Terima Sanksi Komdis PSSI atas Insiden Lubernya Penonton Saat Jumpa Persija

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 07 Agustus 2018
Panpel Arema Siap Terima Sanksi Komdis PSSI atas Insiden Lubernya Penonton Saat Jumpa Persija
Ketua panpel Arema FC, Abdul Haris. (BolaSkor.com/Kristian Joan)

BolaSkor.com - Setelah berhitung keuntungan, panitia pelaksana pertandingan (panpel) Arema FC kini siap menerima sanksi Komisi Disiplin PSSI. Sanksi itu setidaknya berupa denda atas pelanggaran terkait melubernya ribuan penonton yang memadati area sentel ban.

Meski tidak sampai mengganggu jalannya pertandingan, namun insiden itu sempat membuat laga tertunda. Kick-off yang dijadwalkan pada pukul 18.30 WIB, harus tertunda selama 25 menit setelah adanya perundingan dari perangkat pertandingan.

"Soal sanksi, kami harapkan tidak sampai besar (jika berupa denda). Malah, kalau bisa tidak sampai turun sanksi," kata ketua panpel Arema FC, Abdul Haris.

Berkaca pada regulasi Liga 1 2018 Pasal 4 tentang Keamanan dan Kenyamanan, panpel Arema FC memang harus bertanggung jawab atas segala tingkah laku penonton selama di Stadion Kanjuruhan Malang.

Luberan penonton terutama dari tribun selatan yang dihuni suporter Persija. (BolaSkor.com/Kristian Joan)

Panpel pun menganggap pemberian kuota sampai 10 ribu tiket kepada suporter tamu tidak menyalahi aturan. Hal itu menjadi pemicu meluapnya penonton sampai area sentel ban, lantaran terjadi di pintu masuk 13 dan 14 tribun selatan yang hanya mampu menampung sekitar 6 ribu suporter Persija.

Sedangkan pada regulasi, panpel tuan rumah wajib menyediakan kuota bagi suporter tamu sekurangnya 5 persen atau 2.225 lembar tiket dari kapasitas Stadion Kanjuruhan secara maksimal 45 ribu penonton.

"Kami memberi kuota sampai 10 ribu, karena tingkat antusias mereka sangat tinggi. Sementara di sisi lain, fenomena kehadiran Aremania juga sepi dalam beberapa pertandingan terakhir," terangnya.

Pertandingan Arema FC kontra Persija Jakarta berakhir imbang 1-1. Laga pekan ke-19 Liga 1 2018 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (5/8) malam WIB itu berjalan seru. Persija unggul terlebih dahulu melalui Marko Simic pada menit ke-67, sebelum Makan Konate menyamakan kedudukan jelang laga berakhir. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)

Arema FC Breaking News Liga 1 Persija jakarta
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.859

Bagikan