BolaSkor.com - Belum hilang duka akibat kematian Diego Maradona, sepak bola dunia kembali ditinggal pergi salah satu legendanya. Kali ini giliran Paolo Rossi, pahlawan Italia pada Piala Dunia 1982 yang berpulang.

Kabar kematian Rossi diketahui publik pada Kamis (10/12). Hal itu diumumkan oleh jurnalis RAI yang juga rekan siaran Rossi, Enrico Varriale.

Namun belum diketahui secara pasti penyebab kematian Rossi. Mantan pemain Juventus itu juga tidak dikabarkan menderita sakit sebelumnya.

Baca Juga:

Hasil Undian Semifinal Nations League: Italia Jumpa Spanyol

Banyak Pemain Muda Gemilang, Roberto Mancini Justru Pusing

Profil Singkat dan Perjalanan Empat Besar UEFA Nations League

Paolo Rossi mengangkat trofi Piala Dunia.

"Berita yang sangat menyedihkan: Paolo Rossi meninggalkan kami. Pablito yang tak terlupakan, yang membuat kita semua jatuh cinta di musim panas '82 itu dan yang telah menjadi rekan kerja yang berharga dan kompeten di RAI dalam beberapa tahun terakhir. RIP Paolo sayang," kata Varriale lewat akun Twitter pribadinya.

Rossi termasuk sosok yang kontroversial dalam sejarah sepak bola Italia. Ia sempat dihukum larangan bermain selama dua tahun pada 1980 karena terlibat kasus pengaturan skor.

Namun kasus tersebut tak membuat kualitas Rossi diragukan pelatih Timnas Italia, Enzo Bearzot. Ia tetap memanggil sang pemain untuk berlaga di Piala Dunia 1982.

Keputusan tersebut sempat menuai kontroversi di Italia. Namun Rossi mampu menjawabnya dengan sempurna.

Rossi memimpin Italia meraih trofi Piala Dunia ketiganya. Tak sampai di situ, pria kelahiran Prato tersebut juga dinobatkan menjadi pemain terbaik dan top skorer dengan koleksi enam gol.

Pada tahun yang sama, Rossi juga mendapat kehormatan meraih gelar Ballon d'Or. Hal ini seolah menjadi penegasan kehebatannya.