Papa Bouba Diop, Mimpi Buruk Prancis di Piala Dunia 2002 Berpulang

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 30 November 2020
Papa Bouba Diop, Mimpi Buruk Prancis di Piala Dunia 2002 Berpulang
Papa Bouba Diop (Twitter)

BolaSkor.com Kabar duka kembali menyelimuti sepak bola dunia. Kali ini giliran mantan gelandang Timnas Senegal, Papa Bouba Diop yang meninggal dunia.

Diop diketahui berpulang pada Minggu (29/11) kemarin, dalam usia 42 tahun. Penyebab kematiannya adalah sakit yang berkepanjangan.

Kabar tersebut dikonfirmasi langsung oleh FIFA dan RC Lens selaku mantan klub Diop lewat media sosial. Namun belum diketahui secara detail sakit yang dideritanya.

Baca Juga:

Ikon Sepak Bola Dunia, Diego Maradona Meninggal Dunia

'Bendungan Tinggi' Mesir Pensiun dengan Warisan Tinta Emas di Piala Dunia

Generation Foot, Pabrik Pemain Senegal yang Lahirkan Sadio Mane

Papa Bouba Diop mencetak gol pembuka Piala Dunia 2002 ke gawang Prancis

"FIFA berbelasungkawa mendengar kabar meninggalnya legenda Senegal Papa Bouba Diop. Selamanya pahlawan Piala Dunia," demikian pernyataan FIFA.

"Sangat sedih bahwa Racing Club de Lens baru saja mengetahui tentang meninggalnya mantan pemain kami, Papa Bouba Diop, pada usia 42 tahun. Kami menyampaikan belasungkawa yang terdalam kepada orang-orang yang dia cintai," bunyi pernyataan Lens.

Nama Diop pertama kali dikenal publik saat mencetak gol pembuka Piala Dunia 2002. Hebatnya, ia menjebol gawang prancis yang kala itu berstatus sebagai juara bertahan.

Gol tersebut memastikan kemenangan Senegal. Tim asal Benua Afrika itu akhirnya mampu melaju hingga babak perempat final pada debutnya di Piala Dunia.

Dua tahun setelah mencuri perhatian dunia, Diop hengkang dari Lens ke Premier League. Ia memperkuat Fulham dan kemudian Portsmouth hingga tahun 2010.

Diop gantung sepatu pada Januari 2013 setelah kontraknya bersama Birmingham City berakhir. Sejak saat itu namanya mulai menghilang hingga kini telah berpulang ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Senegal Piala Dunia 2002 Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan