Papua Siap Gelar Peparnas XVI, Venue 12 Cabor Disebut Level Internasional

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 16 Juni 2021
Papua Siap Gelar Peparnas XVI, Venue 12 Cabor Disebut Level Internasional
Ketua Harian Panitia Besar (PB) Peparnas XVI Papua, Doren Wakerkwa. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

BolaSkor.com - Papua memastikan siap menggelar Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI pada 2-15 November 2021 mendatang. Mempertandingkan 12 cabang olahraga (cabor), Papua berharap seluruh provinsi bisa berpartisipasi.

Ada dua kota yang akan menjadi lokasi Peparnas XVI Papua, yakni Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Di dua kota ini, terdapat belasan venue yang telah rampung dikerjakan.

Belasan venue tersebut akan mempertandingkan 12 cabor. Mulai dari angkat berat, atletik, bochia, bulu tangkis, catur, tenis meja, menembak, panahan, renang, sepak bola CP, tenis lapangan kursi roda dan judo.

Panitia Besar (PB) Peparnas XVI Papua sudah membentuk sepuluh bidang untuk mematangkan persiapan dan saat pelaksanaan. Persiapan ini kemudian ditegaskan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) National Paralympic Committee (NPC Indonesia) di Kota Solo pada 15-16 Juni 2021.

Ada 31 pengurus provinsi yang hadir dalam acara ini. Ada pula Ketua Harian Panitia Besar (PB) Peparnas XVI Papua, Doren Wakerkwa. Dihadapan para pengurus, Doren memastikan Papua siap menghelat Peparnas XVI.

"Di Papua, masyarakat sudah menunggu kapan PON dan Peparnas dilakukan. Itu berarti ada antusias dari masyarakat Papua. Mereka menanti suksesnya kegiatan nasional PON pada bulan Oktober serta Peparnas pada bulan November," kata Doren Wakerkwa, Selasa (15/6) malam.

Doren memastikan kesiapan akan terus dimatangkan agar seribuan atlet serta ofisial Peparnas yang datang bisa bertanding dengan maksimal.

Baca Juga:

IFeL Liga 2: Persis Solo Puncaki Klasemen, Baim Jadi Player of the Week

Sudah Setengah Abad, Pordasi Tetap Tak Ketinggalan Zaman

"Semua panitia berjalan maksimal. Kegiatan disiapkan bagus dan anggaran disiapkan bagus. Kami harap 33 provinsi untuk bisa hadir di Papua. Di sana situasi kondisi aman," tutur Doren.

Kesiapan Papua dalam menggelar Peparnas XVI turut diamini NPC Indonesia. Dalam pemantauan terakhir ke Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, seluruh venue terbilang memuaskan.

"Venuenya luar biasa. Levelnya sudah bukan nasional, tapi internasional. Fasilitas pendukung seperti listrik, air, akses untuk kursi roda serta transportasi yang masih jadi catatan akan diselesaikan sebelum November," tutur Sekjen NPC Indonesia, Rima Ferdianto.

Rima memastikan NPC Indonesia akan berupaya agar seluruh provinsi ikut serta dalam Peparnas XVI. Dari catatan sementara, ada 13 pengurus provinsi (Pengprov) NPC yang belum mendapat dukungan penuh dari pemerintah provinsi (pemprov) setempat. (Laporan Kontributor Putra Wijaya)

PON 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.859

Bagikan