Para Rider MotoGP Angkat Suara soal Keamanan Sirkuit Mandalika

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 17 Juni 2021
Para Rider MotoGP Angkat Suara soal Keamanan Sirkuit Mandalika
Marc Marquez (twitter/marcmarquez93)

BolaSkor.com - Sirkuit Mandalika yang hampir rampung cukup menyita perhatian para pembalap MotoGP. Pasalnya kehadiran lintasan ini menghadirkan tantangan baru dengan mengusung konsep sirkuit jalan raya.

Konsep ini menjadi keunikan tersendiri, sebab pada umumnya sirkuit yang dipakai dalam MotoGP adalah ‘racing only’ alias lintasan yang memang benar-benar dikhususkan untuk balapan saja.

Baca Juga:

Marc Marquez Ungkap Kelemahan Honda RC213V

Waktunya Maverick Vinales Unjuk Gigi

Namun, Sikuit Mandalika pada dasarnya adalah lintasan yang memiliki fungsi ganda. Jika tidak dipakai untuk ajang olahraga, sirkuit tersebut dapat digunakan sebagai jalanan umum.

Hal ini tentunya akan memberikan sensasi baru kepada para pembalap MotoGP. Mereka akan mendapat tantangan-tantangan yang tidak dapat ditemukan di sirkuit pada umumnya.

“Tidak pernah terpikirkan mengenai sirkuit jalan raya di saat ini karena kondisi aspal dan juga kurangnya area aman dalam setiap kelokan,” ucap pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez dilansir dari crash.net.

“Namun, jika tingkat keamanannya sama seperti sirkuit pada umumnya, maka tidak ada salahnya untuk balapan di sirkuit jalan raya. Tampaknya tahun depan kita bisa balapan di Indonesia di mana sirkuitnya memiliki konsep jalan raya tetapi juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi,” jelasnya.

Pembalap tim Suzuki, Alex Rins juga turut berkomentar dengan hadirnya sirkuit jalan raya dalam kompetisi MotoGP. Alex mengaku adanya sirkuit dengan konsep tersebut akan membuat balapan semakin seru.

“Saya berpikir bahwa penggunaan sirkuit jalan raya akan sangat menakjubkan. Namun, tampaknya akan sangat sulit bagi saya saat ini untuk bisa balapan di sirkuit jalan raya dengan keadaan motor dan juga kecepatan yang akan dicapai nanti. Meskipun tingkat keselamatan telah ditingkatkan, tetapi tetap akan sulit bagi saya,” ungkap Rins.

Rekan satu timnya, Joan Mir memiliki pendapat sendiri terhadap kehadiran sirkuit berkonsep jalan raya. Menurutnya sirkuit tersebut dapat memunculkan resiko besar bagi para pembalap.

“Saya berpikir bahwa kamu tidak akan mendapatkan tingkat keamanan yang sama antara sirkuit jalan raya dan juga sirkuit biasa. Banyak sekali halangan di sana dan ini sangat membahayakan mengingat power motor yang digunakan sangatlah besar,” jelasnya.

Penulis: Bintang Rahmat

Sirkuit Mandalika Marc marquez Motogp
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.069

Bagikan