Paralimpiade Tokyo 2020 Pecahkan Rekor Atlet Terbanyak

Andhika PutraAndhika Putra - Selasa, 24 Agustus 2021
Paralimpiade Tokyo 2020 Pecahkan Rekor Atlet Terbanyak

BolaSkor.com - Event Paralimpiade Tokyo 2020 akan menjadi ajang terbesar yang pernah dihelat. Pasalnya Paralimpiade kali ini berhasil mencetak rekor dengan menghadirkan atlet dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan sebelumnya.

Tercatat rekor sebelumnya dipegang Paralimpiade Rio 2016. Saat itu sebanyak 4.328 atlet datang untuk berlaga di Paralimpiade Rio 2016.

Namun, rekor tersebut akhirnya resmi terpecahkan pada Paralimpiade Tokyo 2020. Terhitung sebanyak 4.403 atletyang terdiri dari 2.550 atlet pria dan 1.853 atlet putri menghadiri event empat tahunan ini.

“Dapat memecahkan rekor dengan jumlah atlet terbanyak di Tokyo 2020 menjadi bukti dari kerja keras semua NPC dan federasi internasional yang telah melampaui panggilan tugas selama waktu pengujian,” jelas Presiden Komite Paralimpiade Internasional (IPC), Andrew Parsons dikutip dari paralympic.org.

“Selama beberapa hari, performa mengagumkan dari semua atlet Paralimpiade akan mendobrak stereotip dan mendemonstrasikan kenapa orang yang memiliki disabilitasjuga butuh aktifitas, dihargai, dan juga berkontribusi dalam masyarakat dunia sekarang,” katanya.

Baca Juga:

PBESI Hadirkan Game Lokal di PON Papua 2020

Berkat Paralimpiade, Kepercayaan Diri Atlet asal Uganda Bertambah

Tidak hanya itu saja, Paralimpiade Tokyo 2020 juga mencatatkan rekor sebagai ajang Paralimpiade dengan jumlah atlet putri terbanyak. Sebelumnya rekor berhasil dipegang oleh Paralimpiade Rio 2016 dengan jumlah atlet putri sebanyak 1.671.

“Ini merupakan kabar yang menakjubkan dimana lebih banyak atlet putri yang ikut berpartisipasi di Paralimpiade Tokyo 2020 dibandingkan sebelumnya. Semua ini berkat NPC dan Federasi Intenasional yang dapat terus menjaga dapat tetap terus berkembang,” tutur Parsons.

“Meskipun masih kurang dalam hal kesetaraan gender, kita bisa menuju arah yang benar dengan jumlah atlet putri yang berkompetisi. Hampir meningkat dua kalinya sejak Paralimpiade Sydney 2000,” imbuhnya.

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News Paralimpiade
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan