BolaSkor.com - Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo mendapat hukuman sesuai keputusan Komite Disiplin AFC. Hukuman berupa larangan memimpin tim dalam empat pertandingan dan denda sebesar 5.000 dolar AS atau sekitar Rp63 juta.

Hukuman dijatuhkan tak lepas dari sikapnya di partai final SEA Games 2019, saat Vietnam menghadapi Timnas Indonesia U-23. Park Hang-seo tampak tak puas dengan keputusan wasit terhadap pelanggaran pada Trong Hoang.

Park Hang-seo kemudian mendapat kartu merah pada menit ke-77. Ia tak senang diusir wasit keempat dan sempat balik lagi seakan menantang, sebelum ditenangkan ofisial tim dan keluar dari lapangan.

Baca Juga:

Ini Alasan Shin Tae-yong Promosikan 4 Pemain Timnas Indonesia U-19

Respons Teco Setelah Shin Tae-yong Putuskan Terbang ke Bali

"Saya meminta maaf atas kartu merah. Saya seharusnya menahan diri dan tetap tenang. Timnas Vietnam menang, tetapi saya masih ingin meminta maaf kepada semua orang," kata Park Hang-seo usai kemenangan 3-0 yang mengantar Vietnam meraih medali emas.

AFC menghukum pelatih Korea Selatan hanya pada empat pertandingan berstatus persahabatan. Dengan demikian, ia tidak bisa memimpin Timnas Vietnam dalam partai uji coba melawan Irak yang dijadwalkan pada 26 Maret.

Park Hang-seo seperti dijelaskan media Vietnam masih bisa memimpin tim di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tiga laga sisa Timnas Vietnam masing menghadapi Malaysia (31 Maret), Indonesia (4 Juni), dan Uni Emirat Arab (9 Juni).

"AFC juga menjelaskan bahwa denda harus diselesaikan dalam waktu 30 hari dari hukuman dijatuhkan. Pemimpin skuat asal Korea Selatan juga menerima peringatan akan dihukum lebih keras apabila melakukan kesalahan yang sama kedepannya," tulis Zing.