Partner Bartomeu Klarifikasi Tuduhan dalam Skandal Barcagate

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 27 Juli 2021
Partner Bartomeu Klarifikasi Tuduhan dalam Skandal Barcagate
Josep Maria Bartomeu (Twitter)

BolaSkor.com - Skandal Barcagate yang menyeret nama Josep Maria Bartomeu selaku mantan presiden Barcelona memasuki babak baru. Perusahaan bernama 13 Ventures yang ikut terseret dalam kasus ini membeberkan fakta baru.

Barcagate merupakan skandal yang berperan penting melengserkan Bartomeu dari kursi presiden Barcelona. Kasus ini mulai diangkat pada Februari 2020.

Bartomeu dan rezimnya dikabarkan membayar mahal I3 Ventures agar membuat citra bagus mengenai mereka. Media sosial digunakan sebagai platform untuk menyerang sejumlah sosok yang menentang kepemimpinan Bartomeu.

Baca Juga:

Derasnya Desakan dari Fans Barcelona, Josep Maria Bartomeu Tinggalkan Jabatan Presiden

Tiga Capres Barcelona Angkat Bicara Terkait Penangkapan Josep Maria Bartomeu

Linimasa Skandal Barcagate di Balik Penangkapan Josep Maria Bartomeu

Lionel Messi dan istri, Gerard Pique, Pep Guardiola, Xavi Hernandez, hingga Joan Laporta sempat menjadi korban dari manuver ini. Sejumlah aib yang merusak citra mereka dibuka ke publik.

Parahnya lagi, Bartomeu diduga menggunakan uang kas Barcelona dalam kerja sama ini. Namun ia menyamarkannya dengan memecah pembayaran ke sejumlah departemen berbeda dalam struktur klub.

Hal inilah yang membuat Bartomeu sempat ditahan. Ia dituduh melakukan korupsi meski akhrinya dibebaskan.

Pemilik 13 Ventures, Carlos Ibanez membantah tuduhan dalam skandal Barcagate ini. Ia tak pernah bermaksud menyerang tokoh-tokoh yang berlawanan dengan Bartomeu.

“Itu tidak ada hubungannya dengan peningkatan gengsi Barca, tetapi dengan melindunginya dari bahaya.

Semua orang yang Anda sebutkan menyerang Barca dan apa yang kami lakukan adalah mencoba mengendalikan kerusakan," kata Ibanez dilansir dari Goal.

"Jika seseorang mengatakan bahwa (Ernesto) Valverde harus pergi karena Guardiola adalah bintang sepak bola, yang kami lakukan adalah menunjukkan bahwa Pep Guardiola belum memenangkan gelar selama tiga musim."

“Apakah itu mendiskreditkan Guardiola? Tidak. Ini adalah kenyataan, ini adalah fakta."

Guardiola memang sempat dirumorkan akan kembali pulang ke Barcelona. Itu tak lepas dari performa kurang meyakinkan El Barca di bawah arahan Valverde.

Pada akhirnya Valverde dipecat Barcelona pada Januari 2020. Namun klub asal Catalunya tersebut justru memilih Quique Setien sebagai penggantinya.

Josep maria bartomeu Barcelona Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan