Paru-paru Bermasalah karena COVID-19, Joshua Kimmich Menyesal Tak Divaksin

Arief HadiArief Hadi - Senin, 13 Desember 2021
Paru-paru Bermasalah karena COVID-19, Joshua Kimmich Menyesal Tak Divaksin
Joshua Kimmich (Twitter)

BolaSkor.com - Pandemi virus corona kembali menyebar di beberapa negara Eropa dengan ditemukannya varian baru yang berasal dari Afrika, Omicron. Beberapa pertandingan di Jerman bahkan kembali dilangsungkan tanpa penonton.

Salah satu pesepak bola profesional juga sempat dinyatakan positif virus corona. Dia adalah pemain Bayern Munchen berusia 26 tahun, Joshua Kimmich, yang sebelumnya bersikukuh tak mau divaksin.

Dikabarkan oleh BBC Sport Kimmich menyesal karena tak mau divaksin. Alhasil, paru-parunya mengalami masalah setelah dinyatakan positif virus corona pada November. Kimmich tidak akan bermain lagi sampai Tahun Baru.

Kimmich belum kembali berlatih penuh dengan Bayern besutan Julian Nagelsmann. Kepada media Jerman, ZDF, Kimmich menuturkan alasan menolak vaksin.

Baca Juga:

Ivan Perisic Tak Punya Niat Balikan dengan Bayern Munchen

Raiola Tantang Bayern Munchen Datangkan Pogba

Jadwal Undian dan Tim-tim yang Lolos ke-16 Besar Liga Champions

"Itu (vaksin) sulit bagi saya karena saya juga berurusan dengan ketakutan dan rasa khawatir saya, itulah mengapa saya tak memutuskannya dalam jangka waktu panjang," tutur Kimmich.

Kimmich mengakui kondisinya baik-baik saja saat ini, tapi dia tak bolah memaksakan kondisi tubuhnya hingga ke batas karena adanya masalah pada paru-parunya. Kimmich kini bersedia divaksin dan itu disambut dengan baik.

"Sebagai pesepak bola profesional dan juga pemain timnas, dia (Kimmich) panutan untuk banyak orang. Vaksinasi lebih banyak merupakan jalan keluar dari pandemi," ucap Bettina Stark-Watzinger, Perdana Menteri Edukasi dan Penelitian Jerman.

Kimmich yang dapat bermain di pertahanan dan lini tengah terpaksa diisolasi pada November lalu karena kontak dengan kasus positif. Kimmich sudah melewatkan laga melawan Augsburg, Arminia Bielefeld, Borussia Dortmund, Dynamo Kiev, dan Barcelona.

Kimmich juga akan absen di laga melawan Mainz, Stuttgart, dan Wolfsburg sebelum jeda musim dingin di Bundesliga.

"Saya harus bersabar sedikit lebih lama lagi. Saya akan menonton sisa tiga laga tahun ini dari sofa dan kami akan bersama menyerang lagi pada Januari," ucap Kimmich di Instagram.

Breaking News Bayern Bayern munchen Joshua Kimmich Virus Corona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.135

Bagikan