Pasir Putih dan Laut Biru Manado Menanti ANOC World Beach Games 2023

Andhika PutraAndhika Putra - Minggu, 06 Februari 2022
Pasir Putih dan Laut Biru Manado Menanti ANOC World Beach Games 2023
Pantai Pulisan (BolaSkor/Andhika Putra)

BolaSkor.com - Event olahraga internasional seakan tak pernah habis dihelat di Indonesia. Pada 2023, kalender akan bertambah dengan kehadiran ANOC World Beach Games 2023.

Ajang tersebut merupakan multi event olahraga pantai yang diikuti seluruh negara. Ada 14 cabang olahraga dengan 10 cabang utama yakni renang perairan terbuka 5km, polo air pantai, sepak bola pantai, bola tangan pantai, karate kata individu, kite foil, tenis pantai, aquathlon (disiplin triathlon yang memperlombakan lari dan renang), voli pantai 4x4, dan gulat pantai.

Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) percaya diri bisa menghelat ANOC World Beach Games 2023 di Tanah Air. Adanya 17 ribu pulau yang dimiliki merupakan kelebihan Indonesia.

Sejauh ini, NOC Indonesia bersama Technical Director ANOC Haider Farman meninjau kawasan Pantai Pulisan, Manado, Sulawesi Utara, yang menjadi calon lokasi gelaran, Minggu (06/02). Pasir putih dan biru laut manado menjadi daya tarik.

“Kesempatan luar biasa bisa berada di sini,” ujar Haider.

"Saya tahu Indonesia memiliki 17 ribu pulau dan sangat potensial untuk bisa menggelar WBG di sini. Kami percaya Indonesia akan menjadi tuan rumah yang luar biasa."

Tentang peluang Manado menjadi penyelenggara WBG, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menyampaikan apresiasinya.

"Pemerintah dan masyarakat Sulut berterima kasih bila ditunjuk untuk penyelenggaraan World Beach Games," ujar Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

"Kami siap untuk menyiapkan lokasi, sarana dan prasarana tranportasi, maupun infrastruktur terkait pelaksanaan World Beach Games ini. Lokasi ada dua pilihan yang kami tawarkan. Wilayah Pantai Malalayang dan wilayah Pantai Utara."

"Masyarakat Manado sendiri sangat mendukung diselenggarakannya World Beach Games ini," Olly Dondokambey menambahkan.

Selain Manado, NOC Indonesia juga menyiapkan opsi lain seperti Bali dan Kepulauan Riau. Dengan banyaknya pilihan, maka kemungkinan Indonesia terpilih sebagai tuan rumah ANOC World Beach Games 2023 sangat besar.

“Seperti yang Haider katakan, potensinya sangat besar,” ujar ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari.

Bila terpilih, Indonesia akan menjadi tuan rumah World Beach Games edisi kedua. Sebelumnya, ajang tersebut berlangsung di Qatar pada 2019.

Breaking News NOC Raja Sapta Oktohari
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.254

Bagikan