Paul Pogba dan 4 Bintang Sepak Bola yang Pernah Jadi Korban Berita Hoaks

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 27 Oktober 2020
Paul Pogba dan 4 Bintang Sepak Bola yang Pernah Jadi Korban Berita Hoaks
Paul Pogba (Twitter)

BolaSkor.com - Maraknya berita hoaks tidak hanya terjadi di dunia politik. Sepak bola juga tak lepas dari fenomena ini.

Paul Pogba menjadi bintang sepak bola terbaru yang diterpa berita hoaks. Ia disebut mengundurkan diri dari Timnas Prancis akibat pernyataan kontroversial Presiden Prancis, Emmanuel Macron.

The Sun menjadi pihak yang pertama kali memberitakan pensiunnya Pogba dari Timnas Prancis. Media ternama Inggris itu menyebut sang pemain tidak senang dengan sikap Macron yang menyudutkan Islam dalam kasus pemenggalan guru sejarah bernama Samuel Paty, beberapa waktu lalu.

Baca Juga:

3 Momen Zinedine Zidane Lolos dari Ancaman Pemecatan Real Madrid

3 Alasan AC Milan Gemilang pada Awal Musim 2020-2021

Mesut Ozil dan 5 Pemain Top Eropa yang Pernah 'Dibekukan' Pelatih Klub

Namun kabar itu dengan tegas dibantah Pogba. Lewat akun Instagram pribadinya, gelandang Manchester United tersebut tak ragu menuduh The Sun telah menyebarkan hoaks.

Tak sampau di situ, Pogba bahkan siap membawa kasus ini ke jalur hukum. Ia merasa hidupnya terganggu karena pemberitaan bohomg tersebut.

"Sangat disayangkan, beberapa media tidak bertanggung jawab saat menulis berita. Menyalahgunakan kebebasan pers yang mereka miliki dengan tidak melakukan verifikasi benar atau tidaknya yang mereka tulis," kata Pogba di Instagram.

"Itu memengaruhi hidup saya. Saya akan mengambil tindakan hukum terhadap penerbit dan penyebar berita palsu ini."

Pogba bukan bintang sepak bola Eropa pertama yang menjadi korban berita hoaks. Sejumlah nama lain juga pernah diberitakan tidak sesuai fakta yang menyangkut karier sepak bola atau kehidupan pribadinya.

Berikut empat bintang sepak bola Eropa sebelum Paul Pogba yang menjadi korban berita hoaks:

1. Lionel Messi

Lionel Messi

Sebagai megabintang sepak bola dunia, Lionel Messi menjadi salah satu nama yang paling sering menjadi korban berita hoaks. Hal itu menjadi wajar karena sosoknya menjadi daya tarik banyak orang.

Salah satu berita hoaks yang pernah menimpa Messi adalah terkait kabar kematiannya. Momen itu terjadi pada Mei 2012 silam.

Fox Sports menjadi media pertama yang mengabarkan hal tersebut. Lewat akun Twitter versi Amerika latin miliknya, perusahaan asal Amerika Serikat itu menulis bahwa Messi meninggal dunia karena serangan jantung saat latihan.

Tak lama kemudian, berita itu langsung diralat oleh Fox Sports. Mereka beralasan akun Twitternya diretas oknum tak bertanggung jawab.

Selain itu, Messi beberapa kali juga sempat diterpa kabar hoaks. Salah satunya adalah terkait penolakannya terhadap kebijakan pemotongan gaji yang dilakukan manajemen Barcelona pada awal masa pandemi berlangsung.

La Pulga dengan tegas membantah kabar tersebut. Ia memberikan klarifikasi melalui akun media sosial pribadinya.


2. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo juga cukup sering mengalami nasib seperti Messi, Menariknya, berita hoaks yang menyerang CR7 biasanya berisi pesan yang positif.

Salah satu yang terbaru adalah terkait kerelaan Ronaldo mengubah salah satu hotelnya di Portugal menjadi rumah sakit. Hal ini dilakukan untuk membantu pasien virus corona yang jumlahnya tak terkendali.

Marca, media ternama Spanyol menjadi pihak pertama yang mengabarkan berita tersebut. Tak butuh waktu lama, media-media lain juga mengutip dan memberitakan hal yang sama.

Ironisnya, bantahan kemudian disampaikan oleh seorang jurnalis Portugal bernama Filipe Caetano. Ia tak ragu menyebut info yang diberitakan Marca sebuah hoaks.

Pernyataan Caetano kemudian diperkuat oleh staf hotel milik Ronaldo yang tak tahu dengan rencana alih fungsi tersebut. Marca kemudian menghapus berita tersebut tanpa memberikan klarifikasi.

Selain itu, berita hoaks lain yang pernah menimpa Ronaldo adalah terkait sumbangan sebesar 5 juta poundsterling kepada Nepal yang baru dilanda gempa bumi pada 2015 silam. Faktanya, sang megabintang hanya mengajak para pengikutnya di media sosial untuk berdonasi.


3. Andrea Pirlo

Paul Pogba dan Andrea Pirlo

Andrea Pirlo pernah disebut menertawakan keputusan Manchester United yang melepas Paul Pogba secara gratis lalu membelinya kembali dengan harga mahal. Berita itu ternyata hoaks.

Daily Mail menjadi media pertama yang mencatut nama Pirlo terkait hal ini pada 2016 silam. Pemberitaan itu terjadi tak lama setelah Manchester United memulangkan Pogba dari Juventus dengan biaya 89 juta poundsterling.

Pirlo dengan tegas membantahnya dan menuduh Daily Mail menyebar hoax. Ia justru memuji langkah Manchester United yang memulangkan Pogba demi kembali berjaya.


4. Ruud van Nistelrooy

Ruud van Nistelrooy

Pada Oktober 2019, Ruud van Nistelrooy diberitakan sejumlah media ternama memuji Messi setinggi langit. Ia menyebut tidak ada pemain yang mempu menandingi kehebatan bintang Barcelona tersebut.

"Tidak ada yang mirip Messi, coba bilang siapa? Cristiano adalah pencetak gol ulung, Iniesta bermain dengan otaknya, Salah, Mane, Hazard, dan Mbappe adalah pemain yang luar biasa, tetap Messi adalah gabungan semuanya," kata Nistelrooy dikutip dari media besar, AS dan ESPN.

Namun Nistelrooy membantah berita tersebut. Ia mengunggah foto artikel berita tersebut di media sosialnya dan mengaku tak pernah berkata demikian.

Tak lama kemudian artikel terkait berita Van Nistelrooy itu dihapus AS dan ESPN. Mantan bomber Manchester United tersebut pun memaafkan dan memperpanjang masalah ini.

Paul Pogba Cristiano Ronaldo Lionel Messi Andrea Pirlo Ruud van Nistelrooy Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan