BolaSkor.com - Polemik status kiper utama Manchester United membuat Paul Scholes gatal untuk berkomentar. Ia secara terbuka mengkritik cara Ole Gunnar Solskjaer memperlakukan dua penjaga gawangnya.

Manchester United kini punya dua kiper berkualitas dalam diri David De Gea dan Dean Henderson. Namun Solskjaer selaku manajer kini enggan menetapkan siapa yang menyandang status penjaga gawang utama.

Pada awal musim ini, status tersebut sebenarnya masih diemban oleh De Gea yang lebih berpengalaman. Namun Henderson juga diberi kesempatan tampil terutama di kompetisi yang kurang bergengsi seperti Piala Liga.

Baca Juga:

Totalitas Solskjaer Kalahkan Granada: Minta Info dari Molde

Fakta Mengejutkan di Balik Perebutan Posisi Kiper Utama Man United

Perempat Final Liga Europa: Arsenal Tertahan, Manchester United Bungkam Granada

David De Gea dan Dean Henderson

Meski begitu, penampilan De Gea terus disorot setelah melakukan sejumlah blunder. Di sisi lain, Henderson memanfaatkan kesempatan bermain yang minim dengan cukup maksimal.

Henderson akhirnya mulai rutin dipercaya mengawal gawang Manchester United pada ajang Premier League sejak awal Maret silam. Hal itu tak lepas dengan keputusan De Gea untuk cuti sejenak demi mendampingi proses kelahiran buah hati pertamanya.

Namun Solskjaer tetap memainkan Henderson di Premier League meski De Gea sudah kembali bergabung. Hal ini kemudian membuat pertanyaan terkait kiper utama Manchester United muncul ke permukaan.

Solskjaer menjawab pertanyaan itu dengan diplomatis. Ia mengaku akan memainkan kiper yang paling siap dan menunjukkan performa terbaik di lapangan.

Hal inilah yang membuat Scholes memberikan kritik. Ia menilai mantan rekan setimnya itu tak berani jujur.

Menurut Scholes, kiper nomor satu Manchester United adalah yang bermain di Premier League. Hak itu kini menjadi milik Henderson.

"Ole mengatakan mereka berdua (kiper utama), dia jelas salah. Saya pikir dia tidak sabar untuk memberi Dean Henderson kesempatan," kata Scholes kepada BT Sport.

"Proses persalinan pasangan David de Gea memberinya kesempatan untuk memainkan Henderson. Polemik itu harusnya selesai di sana."

"Saya pikir kiper nomor satu adalah yang bermain di pertandingan Premier League. Apakah Dean Henderson benar-benar meyakinkan Ole? Saya pikir dia punya peluang besar untuk melakukannya," tambahnya.

Bela De Gea

Meski menilai Henderson sudah merebut status kiper utama, Scholes tak mau De Gea dicampakkan begitu saja. Menurutnya, pemain berkebangsaan Spanyol itu punya jasa besar bagi Manchester United terutama saat menjalani masa-masa sulit pasca pensiunnya Sir Alex ferguson.

Manchester United memang dikabarkan berniat menjual De Gea pada musim panas mendatang. Hal inilah yang membuat Scholes terganggu.

"Anda harus mengatakan, David adalah kiper yang berkualitas, dengan layanan yang diberikan kepada United selama empat atau lima tahun ketika United benar-benar berjuang. Mereka bisa menjadi tim papan tengah tanpa dia," kata Scholes lagi.

"Dia kehilangan sedikit performa dan sedikit kepercayaan diri, tapi saya tidak akan mencoretnya."