BolaSkor.com - Pawai obor Asian Para Games 2018 tiba di Denpasar, Bali, Minggu (16/9). Ini menjadi kota ketiga setelah Ternate dan Makassar yang disinggahi api abadi asal Mrapen tersebut.

Pawai dimulai dari rumah jabatan Gubernur Bali, Jayasabha dan diarak melalui Jalan Imam Bonjol, Jalan Gajah Mada, Sanur, dan dilepas di Monumen Bajra Sandhi.

Beberapa pejabat negara ambil bagian dalam pawai obor Asian Para Games 2018 seperti Gubernur Bali I Wayan Koster, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, dan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita. Selain itu, atlet paralimpik Indonesia, Nyoman Oka, juga menjadi bagian dari pawai obor ini.

Ketua umum Panitia Pelaksana Asian Para Games 2018, (INAPGOC), Raja Sapta Oktohari, kembali mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga euforia yang sudah terbangun pada Asian Games 2018 ke Asian Para Games 2018.

"Selanjutnya, Indonesia akan buat sejarah baru, kurang dari 20 hari ke depan jadi tuan rumah Asian Para Games. Ini kegiatan pertama yang pernah dilakukan Indonesia," ujar Okto.

Okto juga menjelaskan mengapa pawai obor Asian Para Games 2018 harus melewati Bali. Pulau Dewa merupakan tempat wajib yang dikunjungi dan akan menjadi pawai obor yang paling meriah.

"Bali Istimewa karena kalau belum lewat Bali ada yang kurang. Pawai obor di Bali ini, sudah melewati Last Paradise of The World seperti tulisan yang ada di Bandara," tutur Okto.

"Jadi, tidak sah dibawa berkeliling Indonesia tanpa melewati Bali. Saya pastikan, di sini adalah pawai obor yang paling meriah," sambungnya.

Rangkaian pawai obor di Bali ini juga dimeriahkan oleh festival paralimpian dan budaya Bali. Setelah Bali, pawai obor Asian Para Games 2018 bakal berlajut ke Pontianak.