BolaSkor.com - Pengurus Besar E-sport Indonesia PBESI tidak hanya membuat gebrakan baru dengan menghadirkan cabang olahraga e-Sport di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020. PBESI juga turut membawa game lokal dalam event empat tahunan ini.

Game buatan karya anak bangsa ini adalah Lokapala. Game bergenre MOBA ini akan turut hadir bersama tiga game lainnya yang sebelumnya sudah ditetapkan dalam ajang eksibisi PON Papua 2020, yakni Free Fire, eFootball PES 2021, dan Mobile Legend.

Kendati demikian, dalam PON Papua 2020, Lokapala akan mendapat perlakuan yang sedikit berbeda dibandingkan tiga game lainnya. Nantinya Lokapala tidak akan masuk ke dalam jalur eksibisi, tetapi hadir melalui friendly match.

Perlu diketahui sebelumnya, terdapat aturan baku yang harus dipatuhi tiap tim agar dapat ikut berpartisipasi dalam ajang PON. Salah satunya adalah anggota tim harus berasal dari propinsi yang sama.

Baca Juga:

Medali Perak adalah Kado Eko Yuli untuk HUT Indonesia

Undang Peraih Medali ke Istana, Jokowi Sampaikan Nominal Bonus

Mengingat Lokapala merupakan game baru, peraturan ini cukup memberatkan. Alhasil Lokapala akan dihadirkan dengan format friendly match, bukan dengan format eksibisi.

Hal ini turut dipastikan oleh Ketua Bidang Humas dan Komunikasi PBESI, Ashadi Ang. Nantinya Lokapala hanya akan hadir dalam format friendly match.

“Karena ini game baru jadi format friendly match. Momentum PON Papua 2020 juga digunakan untuk lebih mengenalkan game ini,” tutur Ashadi saat konferensi pers virtual pada Selasa (24/8).

“Jadi ini untuk mempermudah perekrutan juga. Anggota tim tidak harus berasal dari provinsi yang sama saja. Hanya gameyang menggunakan format eksibisi yang mengikuti ketentuan PON,” sambungnya.

Tidak hanya itu saja. Dengan status Lokapala sebagai friendly match maka akan ada prize pool yang diberikan untuk para pemenang. PBESI sudah menyiapkan total hadiah sebesar 200 juta rupiah.

“Untuk eksibisi memang tidak ada prize pool, tetapi mereka dapat medali. Namun, untuk friendly match ada prize poolsebesar 200 juta rupiah dan tidak mendapat medali. Nantinya sebagai ganti akan diberikan cendera mata,” tutur Ashadi.

Sebagai informasi, selain Lokapala, PBESI juga memasukkan game PUBG Mobileke dalam event PON Papua 2020.

Nantinya PUBG Mobile akan menggunakan format eksibisiseperti tiga game lainnya. Alhasil PBESI akan menghadirkan total lima game ke dalam dalam PON Papua 2020 nanti.

Penulis: Bintang Rahmat