BolaSkor.com – Pengusur Besar Esport Indonesia tidak hanya akan fokus mengembangkan teknik dan kemampuan atlet-atlet Esport di Pelatnas nanti. PBESI juga akan memperhatikan faktor non-teknis.

Menurut Ketua Pelatnas, Ibnu Riza Pradipto, hal ini dilakukan sebagai upaya menjaga mental atlet-atletnya. Pasalnya tekanan yang muncul pada SEA Games Hanoi 2021 akan lebih besar dibandingkan pertandingan pada umumnya.

“Jadi beberapa aspek yang difokuskan adalah mental. Kita tahu tekanan yang muncul berbeda antara mewakili tim dan negara. Fisik juga penting karena jadwal yang padat membutuhkan fisik yang kuat,” kata Ibnu saat konferensi pers virtual, Kamis (24/2).

Manager Tim Nasional, Erlangga Putra menambahkan, tidak hanya dua aspek itu saja. Erlangga menilai sikap individu turut mempengaruhi kesiapan pemain. Tanpa adanya sikap yang baik, hasil yang dicapai tidak akan maksimal.

“Bukan hanya mental, tetapi sikap pemainnya juga. Kalau skill bagus tapi sikapnya jelek juga percuma. Makanya kami juga menyediakan psikolog,” jelas Erlangga.

Erlangga menuturkan, aspek nutrisi juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Tanpa adanya gizi yang cukup, atlet-atlet Esport tidak dapat berlatih dengan fokus. Terlebih lagi olahraga Esport membutuhkan konsentrasi penuh dalam mengambil keputusan cepat.

“Ada ahli gizi juga. Itulah mengapa di pelatnas ini kita fokus ke tiga hal non teknis juga, mental, psikologi, dan nutrisi,” tutup Erlangga.

Penulis: Bintang Rahmat