PBSI Ajukan Perubahan Format Skor ke BWF

Andhika PutraAndhika Putra - Senin, 05 April 2021
PBSI Ajukan Perubahan Format Skor ke BWF
Bambang Roedyanto

BolaSkor.com - PBSI mencoba melakukan gebrakan kepada Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). PBSI ingin, format skor diubah dari 3x21 menjadi 5x11.

Permintaan PBSI itu rencananya akan dibahas pada Rapat Umum Tahunan pada 22 Mei secara virtual. Tak hanya Indonesia, Maladewa juga mengajukan perubahan serupa.

Sebelumnya, usulan perubahan skor sempat mencuat pada 2018. Namun, rencana itu ditolak beberapa negara, termasuk Indonesia.

“Saat voting tahun 2018, kami memang menolak wacana perubahan sistem skor tersebut. Itu karena BWF mau mengubah format secepat mungkin, hanya ada tiga atau empat uji coba di turnamen kecil, lalu langsung diterapkan. Padahal saat itu kualifikasi Olimpiade 2020 akan dimulai," kata Bambang Roedyanto, Kepala Bidang Hubungan Luar Negeri.

“Bila menggunakan format baru, para pemain tidak punya banyak waktu untuk beradaptasi. Selain itu, BWF juga mengajukan usulan tidak boleh ada pelatih yang mendampingi saat pertandingan. Tentu kita tolak," lanjutnya.

Baca Juga:

Terima Kasih Sudah Berjuang di PBSI, Ni Ketut

PBSI Rilis Daftar Atlet Pelatnas, Fitriani Tergusur

Bambang Roedyanto yang akrab dipanggil Rudy ini mengungkapkan bahwa perubahan sistem skor akan membawa dampak positif bagi kemajuan olahraga tepok bulu. Bukan hanya bagi pemain, tetapi seluruh pihak yang terlibat di dalamnya.

"Saat itu beberapa negara menolak dan inginnya pembahasan ini dilanjutkan setelah Olimpiade. Lalu kami melakukan rapat dengan pengurus dan pelatih, ternyata format sistem skor 5X11 akan cocok bagi bulutangkis ke depannya. Seperti para pemain tidak hanya mengandalkan stamina, durasi pertandingan bisa ditekan menjadi lebih singkat dan dipastikan laga akan seru dari awal," ungkap Rudy.

"Badminton Tiongkok juga sudah mencoba di kejuaraan nasional mereka bulan November 2020 dan statistiknya cukup baik," tambahnya.

Breaking News Bulu Tangkis Pbsi Bwf
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan