Pecahkan Rekor Gol Premier League di Musim Debut, Erling Haaland Dapat Guard of Honour

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 04 Mei 2023
Pecahkan Rekor Gol Premier League di Musim Debut, Erling Haaland Dapat Guard of Honour
Erling Haaland (Twitter)

BolaSkor.com - Erling Haaland dan gol bak dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Musim debutnya di Inggris bersama Manchester City sampai saat ini dilaluinya dengan catatan fantastis, membuat harga 60 juta euro kala ia dibeli selayaknya 'pencurian' terbaik abad ini.

Bagaimana tidak, Man City mendapatkan pemain yang baru berusia 22 tahun dan punya prospek cerah menjadi salah satu penyerang terbaik di Eropa dengan harga kurang dari 100 juta euro. The Citizens membelinya dari Borussia Dortmund pada musim panas 2022.

Sejauh ini penyerang timnas Norwegia sudah mencetak 51 gol di seluruh kompetisi dari 45 laga, catatan gol terbarunya datang ketika Man City menang 3-0 atas West Ham United di pekan tunda Premier League, Kamis (04/05) dini hari WIB di Etihad Stadium.

Tiga gol tim arahan Pep Guardiola dicetak oleh Nathan Ake (50'), Erling Haaland (70'), dan Phil Foden (85') dari total 70 persen penguasaan bola serta percobaan 16 tendangan (7 tepat sasaran). Man City kembali ke puncak klasemen dengan 79 poin dari 33 laga.

Baca juga:

Erling Haaland Ukir Rekor Berusia 92 Tahun, Winston Churchill Bahkan Belum Jadi PM Ingggris

Hasil Pertandingan: Manchester City Kembali ke Puncak, Inter Milan Pesta Gol

Hasil dan Klasemen Premier League: Man City ke Puncak, Liverpool Tekuk Tottenham

Satu gol dari Haaland itu kembali memecahkan rekor gol di Premier League. Menurut Opta, 35 gol Haaland di Premier League sejauh ini menjadikannya pencetak gol terbanyak liga di satu musim sejak Ron Davies pada 1966-1967 (37 gol).

Mantan pemain Molde dan RB Salzburg itu juga melalui catatan Andy Cole (1993-1994) dan Alan Shearer (1994-1995) yang mencetak 34 gol.

"35 gol Premier League. Terima kasih besar kepada semuanya yang memberikan dukungan, tidak ada yang terjadi tanpa dukungan Anda semua, kami tidak berhenti di sini!" tutur Haaland di Twitter @ErlingHaaland.

Pemecahan rekor itu diapresiasi Man City dengan cara unik dengan memberikannya guard of honour, atau bentuk penghargaan dengan membuat garis dan memberikan tepukan tangan selagi pemain lewat. Tradisi itu biasanya terjadi kepada sang juara dari tim lawan.

"Malam yang spesial, dan momen yang spesial – saya sangat senang dan bangga. Guard of honour adalah perasaan yang menyenangkan (dan) sangat menyakitkan, semua orang memukul punggung saya," tambah Haaland.

Pep Guardiola juga tak kuasa menahan untuk memberikan pujian kepadanya. Menurutnya, Haaland layak diberikan guard of honour atas pencapaian tersebut dan musim belum berakhir - Haaland masih dapat mencetak gol lainnya.

"Dia (Haaland) menyenangkan. Saya pikir dia pantas mendapatkan guard of honour, itu adalah momen yang spesial. Kami sangat senang untuknya. Tentu saja rekor ini cepat atau lambat akan dipecahkan, mungkin olehnya di masa depan," papar Guardiola.

"Tentu saja – ketika ada acara khusus kami harus menunjukkan betapa istimewanya itu. Hari ini Erling yang melalui posisi Andy Cole dan Alan Shearer (yang mencetak 34 gol).

"Dia luar biasa. Dia baru berusia 22 tahun – dan masih memiliki lima pertandingan tersisa," urai pelatih asal Spanyol tersebut.

Premier League Erling Haaland Manchester City
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.127

Bagikan