BolaSkor.com - LaLiga curi start di bursa transfer musim panas ini dengan mengalahkan liga-liga top Eropa lainnya seperti: Serie A (Italia), Premier League (Inggris), Ligue 1 (Prancis), dan Bundesliga (Jerman). Pengeluaran LaLiga di bursa transfer telah melebihi liga lainnya.

Sebagaimana dilansir dari AS, LaLiga telah menghabiskan lebih dari satu miliar euro untuk transfer-transfer yang sudah terjadi (pembelian yang dilakukan klub-klub LaLiga). Jumlah itu sudah melebihi 930 juta euro yang keluar pada 2018.

Satu miliar euro merupakan rekor yang belum pernah terjadi sebelumnya di LaLiga. Patut diingat, bursa transfer musim panas juga masih berlanjut saat ini dan jumlah itu masih dapat bertambah seiring potensi transfer yang bisa terjadi.

Baca Juga:

Jadwal Pertandingan LaLiga 2019-20, El Clasico Berlangsung di Bulan Oktober

Cuci Gudang, Real Madrid Sudah Raup Rp1,6 Triliun

Jor-joran Belanja Pemain, Aston Villa Ulangi Kesalahan Fulham?

Joao Felix jadi pembelian termahal LaLiga sejauh ini

Keunggulan LaLiga itu mutlak di atas Premier League (675 juta euro), Serie A (674 juta euro), Bundesliga (530 juta euro), Ligue 1 (226 juta euro), dan Liga NOS (101 juta euro). Bahkan, Real Madrid sendiri sudah mengalahkan jumlah pembelajaan Ligue 1 dan Liga Nos - Madrid telah menghabiskan 303 juta euro.

Kondisi itu berbanding terbalik dari 2017 silam, kala pembelian di LaLiga kalah dari liga-liga besar Eropa (LaLiga hanya menghabiskan 557 juta euro). kala itu, Premier League jadi liga paling terboros dengan pengeluaran 1,37 miliar euro.

Tidak heran memang melihat LaLiga di puncak liga terboros. Apalagi jika melihat pembelanjaan yang dilakukan tiga klub top Spanyol: Barcelona, Atletico Madrid, dan Real Madrid.

Ketiga klub itu melakukan pembelanjaan besar seperti kalanya ketika merekrut: Luka Jovic (60 juta euro), Frenkie de Jong (75 juta euro), Eden Hazard (100 juta euro), Antoine Griezman (120 juta euro), dan Joao Felix yang menjadi pembelian termahal klub LaLiga sejauh ini sebesar 127.2 juta euro dari Benfica ke Atletico Madrid.