BolaSkor.com - 14 bulan setelah bekerja sebagai pelatih Barcelona, Ronald Koeman akhirnya dipecat, menyusul dua kekalahan beruntun di El Clasico melawan Real Madrid (1-2) diikuti kekalahan 0-1 kontra Rayo Vallecano.

Kekalahan dari Vallecano jadi yang pertama setelah 19 tahun. Radamel Falcao jadi pemecah kutukan itu pada laga yang dihelat Kamis (28/10) dini hari WIB. Kali ini Barca tak bisa menolerirnya dan memecat Koeman.

FC Barcelona telah membebaskan Ronald Koeman dari tugasnya sebagai pelatih tim utama,” demikian pernyataan resmi Barcelona.

“Presiden klub, Joan Laporta, memberi tahu dia tentang keputusan itu setelah kekalahan melawan Rayo Vallecano. Ronald Koeman akan mengucapkan selamat tinggal kepada skuat pada hari Kamis di Ciutat Esportiva."

Baca Juga:

Terungkap, Calon Tunggal Pengganti Ronald Koeman di Barcelona

Warisan Ronald Koeman di Barcelona dalam Angka

Resmi, Barcelona Pecat Ronald Koeman

Ronald Koeman

"FC Barcelona ingin mengucapkan terima kasih atas jasanya kepada klub dan mendoakan yang terbaik untuknya dalam karier profesionalnya."

Koeman, mantan bek Barcelona yang membawa klub memenangi Piala Eropa (Liga Champions) 1992, pergi setelah menggantikan Quique Setien pada Agustus 2020. Pemecatan itu menjadi akumulasi dari masalah Barca di musim ini dan Koeman bukan sosok yang disukai fans.

Xavi Merapat

Pelatih berusia 41 tahun yang kini melatih Al-Sadd, Xavi Hernandez menjadi kandidat kuat pengganti Koeman. Dia legenda Barca yang sudah dinantikan kembali kedatangannya ke Camp Nou.

Menurut laporan Fabrizio Romano, pakar transfer sepak bola Eropa, Barcelona memulai pembicaraan kepada Xavi untuk melatih Barca, serta memikirkan cara dalam bernegosiasi karena ia masih terikat kontrak di Al-Sadd.

Xavi

"Barcelona sedang dalam pembicaraan untuk menunjuk Xavi Hernandez sebagai pelatih kepala mereka setelah memecat Ronald Koeman pada Rabu malam," demikian tulisan di Guardian dari Romano.

"Mantan gelandang klub itu tengah melatih klub Qatar Al Sadd, tetapi ingin kembali ke Camp Nou dan negosiasi terus berlanjut untuk membebaskannya dari kontraknya."

"Direksi Barcelona telah melakukan kontak dengan Xavi selama beberapa minggu, dengan pertanyaan kapan Koeman akan diberhentikan."

"Tidak pasti janji akan dibuat sebelum pertandingan hari Minggu di kandang melawan (Deportivo) Alaves, yang berarti Sergi Barjuan, pelatih kepala Barcelona B, dapat mengambilalih sementara."

Xavi produk akademi La Masia yang sudah tampil sebanyak 767 laga di Barca sebelum pensiun. Dia menjadi pelatih pada Mei 2019. Bersama Barcelona Xavi memenangi delapan titel LaLiga dan empat titel Liga Champions.

Xavi datang ke Barca pada 1992 dan memainkan debut di tim utama enam tahun setelahnya di bawah arahan Louis van Gaal. Pasca pergi pada 2015 Xavi memiliki total 27 trofi, membuat 184 assists, dan mencetak 85 gol.

Di Qatar Xavi sejauh ini telah melatih di 93 laga dengan catatan 63 kemenangan, 14 kali seri, dan 16 kali kalah serta raihan tujuh trofi.