Peduli Palu dan Donggala, Jakmania Galang Aksi Sosial

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Sabtu, 06 Oktober 2018
Peduli Palu dan Donggala, Jakmania Galang Aksi Sosial
Jakmania Korwil Pondok Kopi. (BolaSkor.com/Budi Prasetyo Harsono)

BolaSkor.com - Bencana gempa bumi yang menimpa Palu dan Donggala, Jumat (29/9) menjadi duka nasional. Satu pekan setelah bencana tersebut, masih banyak korban yang belum ditemukan dan situasi belum kondusif.

Ratusan orang telah menjadi korban bencana gempa bumi di Palu dan Donggala. Aktivitas di kota tersebut praktis lumpuh total meski telah berlangsung selama lebih dari satu pekan.

Musibah yang menimpa Palu dan Donggala itu menarik perhatian tersendiri dari seluruh rakyat Indonesia. Berbagai lapisan kalangan tidak henti-henti mengirimkan bantuan.

Di antara masyarakat Indonesia itu, tersempil nama Jakmania Koordinator Wilayah (Korwil) Pondok Kopi. Mereka melakukan aksi sosial penggalangan dana untuk korban gempa di Palu dan Donggala.

Sabtu (6/8), menjadi hari yang dipilih oleh Jakmania Korwil Pondok Kopi untuk melaksanakan aksi mereka. Para pendukung Persija Jakarta itu melancarkan acara di perempatan Buaran, Jakarta Timur.

Aksi yang dilakukan oleh Jakmania Korwil Pondok Kopi tersebut rupanya menyita perhatian orang-orang yang melewati tempat itu. Cukup banyak yang memberikan sumbangan untuk korban gempa di Palu dan Donggala.

Meski begitu, rupanya aksi Jakmania Korwil Pondok Kopi itu bukan karena diminta oleh pusat. Mereka berinisiatif sendiri untuk menggalang dana guna membantu korban gempa di Palu dan Donggala.

"Dari pusat sih sebetulnya tidak ada anjuran untuk aksi seperti ini. Kami, Jakmania Pondok Kopi berinisiatif untuk peduli sesama manusia, sesama rakyat Indonesia," ujar Korwil Jakmania Pondok Kopi, Welly Septiyan, ketika ditemui BolaSkor.com.

"Nantinya seluruh dana yang terkumpul akan kami salurkan melalui Aksi Cepat Tanggap. Nantinya mereka yang akan menyampaikan bantuan dari kami untuk Palu dan Donggala," tambah Welly.

Menurut Welly, awalnya dia hanya mengajak rekan-rekannya di Jakmania Korwil Pondok Kopi untuk menggalang aksi sosial untuk Palu dan Donggala. Rupanya, ajakan tersebut disambut dengan baik.

"Saya menulis di grup Jakmania Korwil Pondok Kopi untuk meluangkan waktu guna mengadakan aksi sosial. Alhamdulillah, semua anggota memberikan sambutan positif," kata Welly.

Gempa bumi di Palu dan Donggala sebesar 7,9 magnitude. Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana, korban meninggal mencapai lebih dari 1500 jiwa dan 70 ribu warga mengungsi.

Jakmania Gempa Palu dan Donggala Breaking News
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan