Pekan Terakhir Premier League: Sengitnya Persaingan Keluar Zona Degradasi

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 27 Mei 2023
Pekan Terakhir Premier League: Sengitnya Persaingan Keluar Zona Degradasi
Leeds United dan Sam Allardyce (Twitter)

BolaSkor.com - Tirai penutup Premier League 2022-2023 sudah di depan mata. Pekan 38 akan serentak dimainkan pada Minggu (28/05) pukul 22.30 WIB dan masih ada tim-tim yang akan bertarung habis-habisan.

Tiga tim masih belum aman dari zona degradasi dan akan bertarung hingga akhir, yakni Everton, Leicester City, dan Leeds United. Kebetulan, ketiga klub tersebut juga akan bermain kandang di laga pamungkas Premier League.

Everton akan menjamu Bournemouth di Goodison Park, Leeds United melawan Tottenham Hotspur di Elland Road, dan Leicester menghadapi West Ham United di King Power Stadium.

Baca juga:

Pengujung Premier League 2022-23: Adem di Atas, Panas di Bawah

5 Resep Manchester City Pertahankan Hegemoni di Premier League

Jika Man City Raih Treble Winners, Guardiola Layak Disandingkan dengan Ferguson

Menjelang pertandingan krusial ketiga tim tersebut, mari sama-sama melihat permutasi atau hal-hal yang dibutuhkan untuk ketiga klub tersebut untuk selamat dari zona degradasi - meski pada akhirnya dua klub akan degradasi mendampingi Southampton.

Everton

Everton merupakan satu dari enam klub Inggris yang tidak pernah degradasi dari Premier League sejak awal pengenalannya pada 1992. Posisi 'tetangga' Liverpool tersebut lebih menguntungkan ketimbang Leicester dan Leeds.

Everton arahan Sean Dyche ada di peringkat 17 klasemen dengan raihan 33 poin dari 37 laga. Jika mereka mengalahkan Bournemouth maka tak peduli dengan hasil laga lainnya Everton akan bermain di Premier League musim depan.

Pasca menunjuk Dyche pada Januari lalu, Everton perlahan berangsur membaik hingga mereka keluar dari zona degradasi. Everton akan melawan Bournemouth yang tidak lagi punya target khusus, namun mereka tidak akan diperkuat Dominic Calvert-Lewin karena cedera.

Leicester City

Tujuh tahun lalu Leicester-nya Claudio Ranieri mengukir sejarah dan cerita cinderella dengan menjuarai Premier League. Ironis, saat ini The Foxes justru berjuang untuk selamat dari zona degradasi dan laga penentu mereka ditentukan kontra West Ham.

Parahnya lagi bagi Leicester kemenangan melawan West Ham juga tak menjamin mereka sintas, sebab Leicester juga berharap Everton meraih hasil imbang atau kalah saat melawan Bournemouth.

Leicester besutan Dean Smith saat ini berada di peringkat 18 klasemen dengan 31 poin dari 37 laga, memiliki selisih gol -18 dan Everton -24.

Kans menang Leicester melawan West Ham cukup terbuka, sebab tim arahan David Moyes akan lebih fokus memainkan final UEFA Conference League melawan Fiorentina pada Kamis (08/06) pukul 02.00 dini hari WIB di Eden Arena.

Leeds United

Menanti keajaiban Big Sam dalam upaya menyelamatkan Leeds United dari jerat zona degradasi. Seperti halnya Leicester, Leeds juga harus menang melawan Tottenham untuk selamat dari degradasi.

Dibanding Everton dan Leicester, lawan Leeds relatif lebih berat. Terlebih menang saja tidak cukup, sebab Leeds juga harus bergantung kepada hasil Leicester dan Everton: Leicester gagal menang dan Everton kalah.

Jika Everton imbang maka Leeds harus mengalahkan Tottenham dengan skor tiga gol tanpa balas, sebab mereka kini punya selisih gol -27 dan berada di urutan 19 dengan raihan 31 poin dari 37 pertandingan.

Leeds hanya meraih satu poin dari tiga laga terakhir Sam Allardyce melatih klub. Lawan mereka, Tottenham hanya sekali menang dari tujuh laga terakhir tapi masih memiliki asa bertarung untuk zona Eropa.

Premier League Everton Leicester City Leeds United
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan