Pekan Terakhir Premier League: Skenario Jatah Liga Champions dan Liga Europa

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 12 Mei 2019
Pekan Terakhir Premier League: Skenario Jatah Liga Champions dan Liga Europa
Pierre-Emerick Aubameyang (premierleague)

BolaSkor.com - Premier League sudah nyaris menyentuh garis finis. Minggu (12/5) malam WIB, semua bakal berakhir, semua pertanyaan bakal terjawab.

Liverpool dan Manchester City akan berjuang hingga penghabisan untuk menjadi kampiun. Namun, persaingan tak kalah seru terjadi di zona Liga Champions dan Liga Europa.

Terlebih dengan situasi dimana ada empat tim Premier League yang tampil di final Liga Champions dan Liga Europa.

Ya, final Liga Champions dan Liga Europa membuat peta siapa yang meraih tiket ke kedua kompetisi itu makin menarik.

Baca Juga:

Virgil Van Dijk Berharap Liverpool Mendapatkan Dua Keajaiban dalam Sepekan

Pep Guardiola Tuding Media-media Inggris Ingin Liverpool Juara Premier League

Spesialis Liga, Pep Guardiola Tahu Cara Mengukuhkan Dominasi di Kancah Domestik

Chelsea sudah aman di Zona Liga Champions (premierleague)

Siapapun yang menjuarai Liga Champions dan Liga Europa, apakah itu Liverpool, Tottenham Hotspur, Chelsea atau Arsenal, maka bakal ada perubahan tim-tim yang lolos ke kualifikasi Liga Champions dan Liga Europa musim depan

Berikut fakta-fakta mengenai skenario kualifikasi Liga Champions dan Liga Europa.

Kualifikasi Liga Champions

Empat besar otomatis lolos ke fase grup Liga Champions. Manchester City (95 poin), Liverpool (94) dan Chelsea (71) sudah pasti masuk fase ini.

Peringkat empat Tottenham (70 poin) hanya butuh satu poin dari laga terakhirnya untuk mendepak Arsenal (67 poin) dari jatah terakhir kualifikasi Liga Champions.

Bagi Arsenal untuk finis empat besar mereka harus mengalahkan tuan rumah Burnley sambil berharap Everton mengalahkan Tottenham dengan selisih delapan gol.

Jika Tottenham finis di luar empat besar, mereka masih bisa lolos ke Liga Champions jika mengalahkan Liverpool di final.

Arsenal juga bisa lolos otomatis ke Liga Champions jika menjuarai Liga Europa. Arsenal akan menghadapi Chelsea di final Liga Europa nanti. Juara Liga Europa otomatis masuk fase grup Liga Champions.

Harus diketahui bahwa paling banyak lima tim dari Premier League yang boleh masuk ke Liga Champions.

Satu-satunya cara kelima tim Premier League bisa lolos ke Liga Champions adalah jika satu tim finis di luar empat besar, menjuarai Liga Champions atau Liga Europa.

Musim ini, jika bisa terjadi jika Spurs finis urutan kelima tetapi menjuarai Liga Champions atau Arsenal menduduki urutan kelima namun menjuarai Liga Europa.

Watford akan dapat jatah Liga Europa jika menangi Piala FA (premierleague)


Kualifikasi Liga Europa

Tim urutan kelima klasemen dan juara Piala FA otomatis lolos ke fase grup Liga Europa.

Jika juara Piala FA finis urutan kelima klasemen, jatah fase grup Liga Europa akan diberikan kepada tim peringkat keenam.

Jika Watford mengalahkan Manchester City untuk menjadi juara Piala FA, mereka mendapatkan satu jatah fase grup Liga Europa dan tim urutan keenam (Manchester United) harus masuk babak kualifikasi.

Jika City menjuarai Piala FA, jatah Liga Europa diberikan kepada tim berperingkat tertinggi berikutnya yang tidak lolos.

Juara Piala Liga diberi satu jatah babak kualifikasi kedua Liga Europa. Tetapi karena juara Piala Liga tahun ini City sudah pasti masuk Liga Champions, maka jatahnya akan diberikan kepada tim berperingkat paling tinggi berikutnya yang tidak lolos.

Artinya, Wolverhampton Wanderers, yang menduduki peringkat ketujuh dalam klasemen, akan masuk kualifikasi Liga Europa jika City menjuarai Piala FA.

Paling banyak tujuh tim dari Premier League boleh masuk kompetisi Eropa; Liga Champions dan Liga Europa.

Premier League
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.962

Bagikan