BolaSkor.com - Tantangan dihadapi Sirkuit Mandalika, pasalnya dalam waktu kurang lebih tiga bulan lagi, pengerjaan lintasan harus selesai sebelum proses homologasi untuk menilai kelayakan sirkuit jalan raya yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu untuk menggelar ajang balapan MotoGP dan WSBK.

Homologasi adalah proses standar persetujuan atau sertifikasi dalam dunia balap. Proses tersebut meliputi standar kendaraan balap, lintasan, dan komponen-komponen lainnya yang telah ditentukan untuk penyelenggaraan ajang balap.

Perwakilan dari Dorna Sports, selaku pemegang hak komersial MotoGP dan WSBK, dan federasi balap motor internasional FIM, yang bertanggung jawab atas proses homologasi, tengah pekan telah meninjau perkembangan pembangunan sirkuit.

Baca Juga:

Ada Sejarah serta Kebanggaan yang Diukir Zarco dan Quartararo

Cepat Saja Tak Cukup, Pol Mau Hasil yang Lebih Baik

Dorna Sports diwakili oleh Managing Director Carlos Ezpeleta dan Loris Capirossi selaku promoter representative, sedangkan FIM mengirimkan safety officer Franco Ucini, yang juga mantan juara dunia 500cc 1982.

Pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA), sebagai operator sirkuit dan promotor grand prix, mengungkapkan masih banyak pekerjaan rumah yang harus digarap untuk mengejar target homologasi pada pertengahan tahun. Tetapi pihak pengembang terus mengabarkan progres pembangunan sirkuit kepada FIM setiap pekannya.

Sirkuit Mandalika telah resmi masuk di kalender WSBK 2021 pada 12-14 November, tetapi masih berada di daftar sirkuit cadangan kalender provisional MotoGP musim ini.

Sedangkan pemerintah menargetkan Sirkuit Mandalika menjadi tuan rumah Grand Prix Indonesia pada Oktober nanti ketika MotoGP memulai tur Asia.

Slot bulan Oktober kalender MotoGP saat ini diisi empat balapan yaitu Grand Prix Jepang (3/10), Thailand (10/10), Australia (24/10), dan Malaysia (31/10), menyisakan satu pekan kosong pada pertengahan bulan, sebelum seri penutup musim digelar di Valencia, Spanyol pada 14 November.

Saat proses homologasi pembangunan sirkuit harus sudah selesai kemudian juga faktor-faktor pendukung seperti marshal, tenaga medis, pusat medis, dan rumah sakit.

Terkait lampu hijau dari Dorna untuk menggelar Grand Prix di Mandalika, akan tergantung dari hasil homologasi pada pertengahan tahun ini.