Pelajaran Shin Tae-yong untuk Nova Arianto: Jangan Terlalu Manjakan Pemain

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Senin, 13 April 2020
Pelajaran Shin Tae-yong untuk Nova Arianto: Jangan Terlalu Manjakan Pemain
Nova Arianto. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com - Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, mengaku mendapatkan banyak pelajaran berharga dari manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Salah satunya adalah di mana pelatih Indonesia itu jangan terlalu baik.

Semenjak Timnas Indonesia ditangani oleh Shin Tae-yong menang banyak sekali kelemahan pemain yang terlihat. Yang paling menonjol adalah masalah fisik pemain. Tak heran pelatih asal Korea Selatan itu melatih para pemain Timnas Indonesia dengan keras, demi meningkatkan kualitas fisik.

Shin Tae-yong memang dikenal memiliki pribadi yang sangat keras. Sikap itu yang lantas dipegang Nova Arianto. Shin Tae-yong seakan membuka mata Nova bahwa pelatih-pelatih lokal Indonesia terlalu memanjakan pemain selama ini.

Baca Juga:

Tiba di Korea Selatan, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Akan Jalani Isolasi Mandiri

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Jelaskan Salah Satu Tujuan Pulang ke Korea Selatan

"Saya sampai saat ini pegang ialah beliau bilang pelatih Indonesia mungkin terlalu baik sama pemain. Mungkin kita pakainya, saya merasanya begitu, pelatih Indonesia pakai hati ya dan pengecualian banyak," kata Nova saat melakukan live instagram bersama BolaSkor.com.

Mantan pemain Persib Bandung itu mengaku selama menjadi asistennya, Shin Tae-yong mengajarkan kepadanya untuk tidak terlalu banyak memberikan toleransi kepada pemain.

"Dia bilang pelatih yang baik yang tidak disukai pemainnya. Ternyata benar juga. Ketika capek, suka kita kasih diskon libur. Shin bicara seperti itu, kalian terlalu baik," pungkas Nova Arianto.

Timnas Indonesia U-19 Timnas Indonesia Shin Tae-yong Nova arianto
Posts

4.871

Bagikan