BolaSkor.com- Pelari Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, keluar sebagai pemenang Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7). Prestasi yang diukir Zohri menjadi sejarah baru bagi Indonesia.

Turun pada nomor lari 10 meter, Zohri merebut medali emas setelah menyelesaikan lomba dengan catatan waktu 10,18 detik. Pelari berusia 18 tahun itu mengungguli Anthony Schwartz dan Eric Harrison, yang sama-sama mencetak waktu 10,22 detik.

Catatan 10,18 detik juga menjadi rekor pribadi baru Zohri. Sebelumnya pelari asal Nusa Tenggara Barat itu hanya bisa mencatatkan waktu 10,25 detik.

"Sangat bangga sekali terhadap apa yang didapatkan hari ini. Ini sangat luar biasa bagi saya," ujar Zohri dikutip dari IAAF Athletic.

"Perasaan saya sangat bangga sekali soalnya saya bisa buat sejarah di sini," sambungnya.

Ini merupakan medali emas pertama Indonesia pada Kejuaraan Dunia Atletik U-20. Prestasi terbaik Indonesia sebelumnya hanya berada di peringkat delapan pada 1986.

Prestasi pada Kejuaraan Dunia Atletik U-20 juga menjadi modal Zohri jelang Asian Games 2018 di Jakarta. Zohri optimistis bisa mempersembahkan medali bagi Indonesia.

"Sekarang saya akan mempersiapkan diri untuk Asian Games bulan depan. Saya sangat bangga, ini adalah pengalaman menakjubkan dan ini sangat bagus bagi karier saya," ujar Zohri.