Pelatih Arema FC Berpendapat soal Wacana Penambahan Pemain Asing Liga 1

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 07 Maret 2023
Pelatih Arema FC Berpendapat soal Wacana Penambahan Pemain Asing Liga 1
Ilustrasi Liga 1. (LIB)

BolaSkor.com - Kesepakatan dalam sarasehan sepak bola di Surabaya, 4-5 Maret 2023 lalu, mendapat beragam pendapat. Yang menjadi pembahasan menarik, salah satunya adalah wacana untuk menambah jumlah pemain asing di kompetisi Liga 1, atau yang musim depan bernama Liga Indonesia.

Pada musim ini, kuota pemain asing berjumlah 4 dengan komposisi 3 non Asia dan 1 lainnya dari Asia. Tapi untuk musim depan, ada wacana merubahnya menjadi 6 nama, dengan komposisi 5 dari negara mana pun dan 1 dari Asia Tenggara.

I Putu Gede turut berpendapat soal wacana itu. Karena sebagai seorang pelatih, kebijakan itu tentu akan berdampak besar terhadap keputusannya dalam memilih komposisi pemain di setiap jadwal pertandingan nantinya.

Baca Juga:

Persib Berselisih 10 Poin dengan PSM, Dedi Kusnandar: Bukan Mustahil

Persib Vs Persik Bisa Disaksikan Penonton

"Menurut saya, penambahan pemain asing mungkin dari sisi bisnis bagus. Tapi kalau disahkan, tentu menjadi tantangan untuk para pelatih," ucap Pelatih Arema FC itu dalam jumpa pers virtual, Selasa (7/3).

Di satu sisi, penambahan pemain asing jelas akan mengurangi kesempatan bermain bagi para pemain lokal. Namun, eks Pelatih PSS Sleman dan Perseru Serui itu menyikapi positif dari sudut pandang yang berbeda.

Penambahan jumlah pemain asing justru bisa memberi ruang lebih banyak untuk melakukan transfer ilmu. Disisi lain, seharusnya situasi itu akan menjadi motivasi para pemain lokal untuk bisa bersaing lebih kompetitif.

"Tantangan untuk pemain lokal juga. Mereka akan lebih baik, yang penting pemain asing yang datang kesini benar-benar punya kualitas bagus. Mereka harus membawa ilmu dan perubahan bagi sepak bola kita," ungkap I Putu Gede.

"Jangan hanya ramai (kedatangannya) tapi tidak berkualitas. Karena pemain atau pelatih asing itu harus meningkatkan kualitas kompetisi, yang muaranya ke tim nasional," pungkas pengganti Javier Roca tersebut. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi/Malang)

Liga 1 Arema FC
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan