BolaSkor.com - Turnamen sepak bola sekelas Piala Dunia selalu menciptakan beberapa tim sebagai kuda hitam di beberapa edisinya. Label itu melekat pada tim yang berada sebagai non unggulan, namun banyak menciptakan kejutan.

Javier Roca termasuk menjadi salah satu figur yang menyoroti status ini. Menurutnya, setidaknya ada 3 tim yang berpeluang menjadi kuda hitam dalam Piala Dunia 2022 Qatar kali ini.

"Dua diantaranya berasal dari Asia. Tentu saja bukan tim tuan rumah ya. Tetapi mungkin antara Jepang dan Korea Selatan," ucap Pelatih Arema FC tersebut.

Baca Juga:

Piala Dunia 2022: Pemerintah Ekuador Diminta Tetapkan Libur Nasional saat La Tricolor Main

Piala Dunia 2022: Risiko Ditahan jika Menggunakan Kamera di Bandara

Dua negara di Asia Timur itu memang kerap membuat publik tercengang dengan aksinya. Prestasi fenomenal adalah ketika menjadi tuan rumah bersama pada Piala Dunia 2002 lalu.

Babak semifinal menjadi prestasu tertinggi Korea Selatan dan lolos ke babak 16 besar pada 2010. Sedangkan Jepang secara konsisten berada di babak 16 besar mulai edisi 2002, 2010 dan 2018.

Meski begitu, ada satu tim lagi yang menurut Javier Roca paling berpeluang mengejutkan turnamen. Belgia, menjadi unggulan pertama Roca sebagai tim kuda hitam di Qatar nanti.

"Belgia sudah sejak beberapa edisi melakukan itu. Dan saya pikir, mereka akan menjadi tim kuda hitam lagi," ungkap eks pelatih berpaspor Cili tersebut.

De Rode Duivels, sebutan Belgia, mengguncang Piala Dunia ketika sukses melaju ke babak 16 besar pada 1994, 1998 dan 2002 lalu. Sempat absen pada edisi 2006 dan 2010, generasi Eden Hazard dkk lantas membawa Belgia melaju ke babak 8 besar pada Piala Dunia 2014 di Brasil. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi/Malang)