Pelatih Arema FC Paparkan Plus Minus Sistem Bubble pada Lanjutan Liga 1

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 02 Desember 2022
Pelatih Arema FC Paparkan Plus Minus Sistem Bubble pada Lanjutan Liga 1
Javier Roca. (LIB)

BolaSkor.com - Pelatih Arema FC, Javier Roca turut memberi respons atas rencana penerapan sistem bubble pada lanjutan Liga 1 musim 2022/2023 nanti. Sistem itu akan membuat semua pertandingan menjadi sentralisasi di beberapa stadion yang ditunjuk.

Bagi Javier Roca, pengalaman ini sudah dilalui pada Liga 1 musim 2021/2022 lalu. Bedanya, musim lalu kompetisi berjalan dengan sistem bubble karena masa pandemi Covid-19, sedangkan untuk musim ini karena Tragedi Kanjuruhan.

"Tetap ada plus dan minusnya. Tapi jangan berharap performa tim bisa konsisten pada pertandingan kedua, ketiga, keempat dan seterusnya. Itu karena recovery (waktu untuk pemulihan kondisi) yang kurang," papar Javier Roca.

Baca Juga:

Liga 1 Batal Jalan 2 Desember, Samsul Arif Tegaskan Sikap Skuat Persis Solo

Liga 1 Masih Sulit Digelar, Komisaris Persib Umuh Muchtar Sampaikan Saran

Ya, sistem bubble akan membuat setiap tim menghadapi rentetan jadwal padat dengan jeda antara 3 sampai 4 hari saja. Dari sini, kecermatan dalam menyusun program recovery maupun latihan diuji betul bagi semua pelatih.

"Karena pemain kita dari kecil tidak disiapkan untuk menghadapi jadwal kompetisi seperti di Eropa. Minggu main, Rabu juga main, minggu main lagi, dan seterusnya," ungkap pelatih kelahiran Santiago, Cili tersebut.

Sehingga, ia meminta klub untuk mengantisipasi berbagai efek negatif terkait sistem bubble itu. Terutama bagi para suporter, yang selalu ingin tim idolanya bermain bagus dan menang terus.

"Hampir pasti kritikan mengarah ke kita lagi. Ke pemain, ke pelatih, kok mainnya seperti ini, lambar tidak ada intensitas. Tetapi itu memang resikonya. Lagipula, apapun sistem kompetisinya, bukan kewenangan kita juga," pungkas Roca. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi/Malang)

Arema FC Liga 1 Javier roca
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan