Rio de Janeiro – Bagi sebagian pemain, bercinta sebelum bertanding di lapangan hijau menjadi aktivitas rutin. Isu yang selalu mengundang pro-kontra ini mendapat beragam tanggapan dari sejumlah pelatih kontestan Piala Dunia 2014.

Pelatih Amerika Serikat, Jurgen Klinsmann, lebih moderat dalam menyikami wacana ini. Aristek asal Jerman itu merasa tak masalah jika pemainnya bercinta selama Piala Dunia Brasil.

"Saya rasa tim kami punya rasa kebersamaan, kompak dan sangat terbuka, sangat santai,” papar Klinsmann dilansir Daily Star.

Beda dengan pelatih Meksiko, Miguel Herrera, yang berharap para pemainnya dapat menahan nafsu birahi selama di Brasil.

"Jika pemain tersebut tidak bisa menahan diri selama sebulan atau 20 hari tanpa bercinta, maka dia tak siap jadi pemain profesional," ujarnya kepada harian Meksiko, Reforma.

Senada dengan Herrara, pelatih Bosnia-Herzegovina Sufet Susic secara terang-terangan melarang adanya aktivitas seks Piala Dunia. Tapi ia tidak melarang pemainnya untuk melakukan masturbasi.

Lain lagi dengan pelatih Brasil, Luis Felipe Scolari. Ia tidak melarang Neymar dan kawan-kawan berhubungan badan dengan pasangan masing-masing, namun mengimbau agar memilih seks pasif.