Pelatih NSH Jakarta Sambut Positif Wacana Pemakaian Tiga Pemain Asing di IBL

Andhika PutraAndhika Putra - Rabu, 10 Juli 2019
Pelatih NSH Jakarta Sambut Positif Wacana Pemakaian Tiga Pemain Asing di IBL
Wahyu Widayat Jati (Istimewa)

BolaSkor.com - Pelatih NSH Jakarta, Wahyu Widayat Jati, tidak masalah jika setiap klub Indonesia Basketball League (IBL) diperkuat tiga pemain asing. Hal itu dianggap Cacing juga tak akan mengganggu menit bermain pemain lokal.

Saat ini, IBL tengah mengodok wacana penggunaan tiga pemain asing. Sebelumnya, setiap tim hanya dibolehkan memakai dua pemain saja.

Itu pun dibatasi dengan satu pemain tidak boleh memiliki tinggi badan lebih dari 188cm. Adapun salary caps yang dipatok tak lebih dari 4000 dolar AS.

Penggunaan tiga pemain asing di klub IBL selaras dengan program percepatan prestasi tim nasional basket Indonesia. Dengan semakin banyaknya pemain impor, kemampuan pebasket tanah air diharapkan semakin terasah.

Bagi Wahyu, tambahan pemain asing akan sangat membantu. Terbukti, musim lalu NSH Jakarta berhasil menembus semifinal setelah sebelumnya hanya menjadi bulan-bulanan klub besar di IBL.

Baca Juga:

Saingi Duo Los Angeles, Rockets Intip Peluang Datangkan Westbrook

Buka Lembaran Baru, Kevin Durant Tanggalkan Nomor 35 di Nets

"Kalau saya sih senang-senang saja, karena itu bisa mengurangi beban," ujar pelatih yang akrab disapa Cacing tersebut.

"Maksudnya, selama ini pemain lokal yang berkualitas kan ada di tim-tim besar, sedangkan tim kecil mendapat sisanya saja," sambungnya.

Pada regulasi yang sudah ditetapkan IBL, seluruh pemain asing wajib bermain dalam tiga kuarter awal. Menurut Cacing, jika wacana tiga pemain asing benar terwujud, ada baiknya regulasi direvisi.

"Jadi tinggal diatur regulasinya. Misalkan, boleh memakai tiga pemain asing, tapi yang turun bermain hanya dua atau satu saja. Sisanya dicadangkan," ujar Cacing.

"Dan juga, pemain asing ini hanya boleh menggantikan pemain asing juga saat berlaga. Jadi sama saja kan, tidak mengurangi menit bermain pemain lokal," tutur pria yang juga menjabat sebagai pelatih tim nasional basket Indonesia tersebut.

Breaking News Indonesia IBL NSH Jakarta
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan