BolaSkor.com - Pelatih timnas Paraguay, Eduardo Berizzo, mengutarakan komentar mengejutkan soal keberadaan Jepang dan Qatar di Copa America 2019. Menurut Berizzo, kedua negara itu tidak pantas berada di Copa America 2019.

Qatar dan Jepang merupakan dua negara Asia yang diundang CONMEBOL untuk berpatisipasi di Copa America 2019. Qatar jadi negara Arab pertama yang ikut Copa America, sementara Jepang sudah kedua kalinya bermain di sana.

Berizzo mengutarakan hal tersebut setelah timnya bermain imbang 2-2 melawan Qatar di laga pembuka grup B, Senin (17/6) dini hari WIB. Sempat unggul 2-0 via gol Oscar Cardozo (4' - penalti) dan Derlis Gonzalez, Qatar membalasnya via gol Almoez Ali (68') dan gol bunuh diri Juan Rodrigo Rojas di menit 77.

Pelatih asal Argentina itu menilai perhelatan Copa America memang seharusnya diikuti seluruh tim yang berdomisi di Amerika. Berizzo mencontohkan turnamen di Eropa yang tidak pernah mengundang tim-tim asal Amerika.

Baca Juga:

Copa America 2019: Qatar Raih Satu Poin, Uruguay Lumat Ekuador

Felix Sanchez, DNA Barcelona di Balik Kesuksesan Qatar Menjuarai Piala Asia 2019

Eduardo Berizzo

"Saya pikir akan masuk akal memainkan Copa America dengan tim-tim dari seluruh Amerika," ucap Berizzo, dikutip dari Goal.

"Apakah Anda bertanya kepada saya mengenai negara-negara undangan, bukan begitu? Mengenai Qatar dan Jepang? Saya pikir kami seharusnya membayangkan keseluruhan Copa America, dengan Amerika Pusat dan Amerika Utara bermain di turnamen yang sama."

"Saya tak pernah melihat Eropa mengundang tim-tim Amerika Selatan mana pun untuk berkompetisi. Jangan salah melihatnya, mungkin terdengar sedikit menyindir, setelah bermain melawan (Qatar)."

"Tapi, saya dengan yakin percaya Copa America seharusnya dimainkan oleh seluruh tim-tim Amerika di satu turnamen - CONCACAF dan CONMEBOL bersama," tegas Berizzo.

Selain mengutarakan soal partisipasi Jepang dan Qatar, Berizzo juga kecewa Gustavo Gomez dkk gagal meraup poin penuh di laga pembuka grup B.

"Hasil ini mengecewakan kami semua, kami ingin menang, dari fans hingga pelatih. Kami harus memikirkan rival kami, realitas kami, banyak hal untuk menjelaskan banyak hal mengenai situasi ini," tambah Berizzo.

"Ini sirkulasi baru bagi tim, tidak mungkin saya tidak tahu Copa America dimulai saat ini, jadi saya tak bisa membuat alasan apapun darinya jika kami tak bermain baik, ketika kami bermain baik saya akan memberitahukan apa yang telah kami lakukan."

"Hari ini kami menemukan kesulitan mengontrol bola, khususnya di lini tengah, dan khususnya setelah unggul 2-0. Jika kami seharusnya mengakhiri laga dengan baik, kami seharusnya mendapatkan hasil lainnya," pungkasnya.