BolaSkor.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memberikan masukan kepada Timnas Indonesia jelang menghadapi Piala Dunia U-20 2021. Yakni perbanyak pemusatan latihan dan uji coba.

Menurutnya, cukup waktu bagi Indonesia memanfaatkan persiapan tersebut. Sehingga kekuatan Indonesia bisa semakin meningkat saat pertandingan.

"Kami tahu Piala Dunia akan dimainkan pada Mei atau Juni tahun depan di Indonesia dan menjadi keuntungan bagi pemain untuk melakukan pemusatan latihan sebanyak mungkin. Memainkan laga menghadapi lawan tim nasional lainnya," ugkap Robert Rene Alberts saat dihubungi.

Pelatih asal Belanda ini mengaku memiliki pengalaman untuk bisa meningkatkan kualitas para pemain timnas. Itu terjadi saat dipercaya menjadi Direktur Teknik Timnas Malaysia beberapa tahun silam.

Baca Juga:

Bagas Kaffa Sebut Timnas Indonesia U-19 Juga Perlu Waspadai Kamboja

Kurang Setuju Regulasi Pemain U-20, Pelatih Persib Robert Rene Alberts Berikan Alasan

"Saya membawa Timnas Malaysia pergi ke luar negeri sehingga kami bisa mengukur kekuatan tim. Tapi kami tidak bertanding melawan klub, kami bertanding melawan timnas lainnya sehingga bisa membandingkan standar tim yang kami butuhkan," bebernya.

Hal yang sama dilakukan Robert saat menangani timnas Junior Korea Selatan. Lalu dia juga pernah mempersiapkan timnas Malaysia U-19 untuk menghadapi kejuaraan dunia.

"Jadi saya tahu, memaksakan pemain untuk bermain di liga bukan solusi yang bagus dan malah menghentikan perkembangan pemain karena mereka malah bisa hilang kepercayaan diri."

"Jadi saya rasa banyaknya pemusatan latihan dengan banyak memainkan uji coba internasional lebih direkomendasikan menurut opini saya," tegas Robert Rene Alberts.

Dengan banyaknya uji coba bersama timnas lainnya, Robert yakin para pemain akan terasah kemampuannya. Bahkan kualitasnya di lapangan terus mengalami perkembangan.

"Di tahapan itu, mereka harus banyak belajar bagaimana untuk berbenah, bukan perkara memburu kemenangan dalam uji coba internasional untuk timnas kami. Ini soal bagaimana supaya berkembang dan untuk menjadi lebih siap di Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)