Pelatih Persib Keberatan jika Liga 1 Digelar 20 Agustus

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 31 Juli 2021
Pelatih Persib Keberatan jika Liga 1 Digelar 20 Agustus
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. (Media Persib)

BolaSkor.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts merasakan keraguan Liga 1 2021/2022 bisa digelar akhir Agustus ini. Apalagi dikabarkan akan dilaksanakan pada 20 Agustus ini.

Terbukti, lanjutnya, Pemerintah Republik Indonesia terus memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk menekan penyebaran COVID-19. Rencananya akan berakhir pada 2 Agustus mendatang.

"PPKM akan berakhir dan mereka akan memulai Liga pada 20 Agustus. Jadi apa artinya, tim hanya memiliki dua pekan untuk bersiap menjalani laga resmi," ujar Robert Rene Alberts saat dihubungi, Jumat (30/7).

Baca Juga:

Liga 1 Bermanfaat di Tengah Pandemi COVID-19 bagi Rahmad Darmawan

Bali United Akhirnya Putus Kontrak Diego Assis

Pelatih asal Belanda ini mengatakan sejak kepulangan dari Solo usai batalnya Piala Wali Kota Solo, skuatnya hanya melakukan satu kali latihan bersama. Setelah itu, tim diliburkan karena diterapkannya PPKM.

"Jadi kami belum berlatih bersama selama sekitar satu bulan," katanya.

Pelatih berusia 65 tahun ini yakin siapapun yang berkecimpung di olahraga profesional akan memikirkan jadwal tersebut. Terlebih, setiap tim akan menjalani banyak pertandingan di kompetisi.

"Ini mustahil untuk dilakukan karena di musim yang normal ketika anda melakoni 34 laga seperti yang terjadi banyak negara termasuk Eropa, biasanya pemain akan mendapat libur enam pekan setelah mereka menjalani satu musim kompetisi."

"Sebelum berlatih bersama tim, pemain-pemain itu akan berlatih lebih dulu secara individual untuk mempersiapkan diri. Sementara klub memiliki waktu enam pekan untuk mempersiapkan diri menghadapi musim baru," jelas Robert Rene Alberts.

Sementara di Indonesia, sudah lebih dari satu setengah tahun tidak menjalani kompetisi. Sehingga para pemain tidak memiliki kesempatan untuk menjaga kebugarannya.

"Tapi kemudian diminta untuk bermain di tanggal 20 Agustus. Ini bukan hal yang bijak untuk memulai Liga pada 20 agustus karena tidak memberi kesempatan kepada klub untuk mempersiapkan diri menghadapi Liga," katanya.

Robert memastikan sebagai tim profesional, dibutuhkan sedikitnya empat pekan untuk menjalani kompetisi. Itu pun jika Liga bisa digelar dengan normal.

"Kami siap mengikuti kompetisi, tapi kami tidak siap dalam artian menjalani kompetisi yang digelar pada umumnya. Jadi situasinya memang sedikit rumit, tapi kami ingin kembali bermain sepak bola lagi."

"Jika anda berbicara dengan pelatih mana pun, hasilnya akan sama. Kita tidak bisa mempersiapkan tim dalam dua pekan untuk menjalani laga kompetitif," tandas Robert Rene Alberts. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Robert Rene Alberts Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan