BolaSkor.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts masih mempertanyakan aturan pergantian lima pemain di Liga 1 2020. Menurutnya aturan itu belum jelas.

Pergantian lima pemain itu terpaksa diterapkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi dengan mengadopsi Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB). Tujuannya untuk melindungi pemain saat menjalani kompetisi di tengah pandemi COVID-19.

Bahkan aturan itu sudah masuk dalam regulasi Liga 1 2020. Tepatnya tertuang dalam Pasal 10 yang mengatur teknis pertandingan.

"Apa yang saya terima pagi ini, masih belum jelas bagaimana. Interpretasi dengan menggunakan bahasa Indonesia belum dipahami oleh tim pelatih kami, maka dari itu mereka juga belum bisa menerjemahkan ke bahasa Inggris yang baik saat ini," kata Robert Rene Alberts di Stadion GBLA, Kota Bandung, Rabu (23/9).

Baca Juga:

Komisaris Persib Beberkan Ancaman Hukuman jika Suporter Tetap Memaksa Datang ke Stadion

Motivasi Orang Tua Punya Peran Penting untuk Seorang Pesepak Bola Jadi Profesional

Karena itu, pelatih asal Belanda ini hanya ingin melihat lebih rinci mengenai aturan tersebut. Sehingga timnya bisa menjalankan aturan pergantian lima pemain itu dengan baik.

"Bagaimana peraturan dari lima pergantian itu dan bisa dilakukan di kondisi seperti apa. Jadi belum ada kejelasan dan belum ada surat resmi dari LIB," katanya.

Namun demikian, Robert Rene Alberts sangat setuju dengan aturan pergantian lima pemain yang diterapkan di Liga 1 2020. Selain jadwal padat, seluruh pemain akan mengalami kelelahan karena diharuskan menggunakan bus dalam setiap laga tandangnya.

"Dalam situasi saat ini, dengan perjalanan dan padatnya jadwal tentunya pemakaian pergantian pemain sangat berguna," jelasnya.

"Jika kami bisa melakukan lima pergantian seperti peraturan di Eropa atau belahan dunia lainnya itu positif, karena akan menghadapi musim kompetisi yang sangat sibuk, lima bulan sejak Oktober nanti."

"Jadi lima pergantian tentu bagus tapi bagaimana bisa melakukan itu, kami masih menunggu klarifikasi," tambahnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)