BolaSkor.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts menilai sepak bola Indonesia harus mengacu Eropa. Terutama urusan menggelar kompetisi.

Terbukti, hingga saat ini Indonesia belum bisa menyelenggarakan kompetisi. Bahkan terjadi sejak Maret 2020 akibat tidak mendapatkan izin dari pihak kepolisian (Polri) dengan alasan pandemi COVID-19.

Alhasil, kompetisi bertajuk Liga 1 2020 dihentikan. Selain sudah hampir satu tahun tidak berjalan, kompetisi itu juga baru berjalan tiga pertandingan.

Baca Juga:

Soal Liga 1 dan 2, Kemenpora Akan Ikut Berkomunikasi dengan Polri

Kemenpora Bertemu PSSI, Tiga Hal Dibahas

"Kompetisi sepak bola harus selalu independen atas keputusan Pemerintah. Ini bisa kita lihat di Eropa, dimana Pemerintah menetapkan aturan tapi kompetisi berlanjut dengan protokol kesehatan," ujar Robert Rene Alberts saat dihubungi, Selasa (2/2).

Pelatih asal Belanda ini mengaku kerap memberikan pernyataan tersebut. Namun, hingga saat ini sepak bola Indonesia tidak bisa berjalan secara independen.

Bahkan, lanjutnya, PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB) masih menggantungkan harapannya kepada Polri agar mendapatkan izin penyelenggaraan. Terutama soal penyelenggaraan Liga 1 2021.

"Saya sudah sering menekankan soal ini dan sekarang saya tekankan lagi. Tapi struktur di Indonesia berbeda," tegasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)