Pelatih Persib Sepakat Ikut Piala Menpora meski Gagasan Tak Didengar

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 23 Februari 2021
Pelatih Persib Sepakat Ikut Piala Menpora meski Gagasan Tak Didengar
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. (Media Persib)

BolaSkor.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts akhirnya lega. Pasalnya timnya kembali memiliki kegiatan.

Namun, sebelum menjalani Liga 1 2021, Persib Bandung akan lebih dulu mengarungi turnamen Piala Menpora 2021. Rencananya akan mulai digelar 20 Maret mendatang.

"Kita akan mulai dengan sebuah harapan bahwa kita akan kembali berlatih. Ini merupakan hal paling penting tidak hanya bagi pemain, tapi juga bagi ofisial, klub, sponsor, dan para suporter. Sepak bola kembali hidup lagi di Indonesia. Ini menjadi pesan terpenting untuk kita semua saat ini," ungkap Robert Rene Alberts.

Meski demikian, pelatih asal Belanda ini menilai bahwa penyelenggaraan Piala Menpora 2021 tidak memiliki jadwal yang ideal. Terbukti, penyelenggaraan dimulai pada 20 Maret mendatang.

"Dari sudut pandang teknis, kita sudah selama satu tahun tidak berlatih dan bertanding secara kompetitif. Sekarang, mereka berharap kita bisa siap dalam waktu tiga pekan ke depan ketika turnamen digelar pada 22 Maret," katanya.

Baca Juga:

Persebaya Orbitkan Pemain Muda di Turnamen Piala Menpora 2021

Arema FC Lakukan Sosialisasi agar Aremania Tak ke Stadion saat Piala Menpora

Robert Rene Alberts mengaku harus bekerja ekstra untuk mempersiapkan timnya ini. Terlebih para pemainnya tersebar di seluruh penjuru Indonesia, terutama untuk pemain asing yang saat ini masih berada di negaranya masing-masing.

"Lalu kita juga harus memastikan para pemain tersebut harus dinyatakan negatif COVID-19. Jadi ada banyak hal yang perlu dilakukan sebelum memulai latihan," tuturnya.

Pelatih berusia 65 tahun ini mengaku sempat menyarankan agar turnamen pramusim digelar setelah Hari Raya Idul Fitri. Tepatnya pada pertengahan Mei atau Juni.

"Sehingga kita bisa mempersiapkan tim, mencari pemain baru dan memberikan kontrak untuk pemain, dan turnamen pun baru bisa digelar di pertengahan Mei atau Juni," jelasnya.

Akan tetapi, lanjutnya, saran tersebut tidak mendapatkan reaksi dari penyelenggara. Baik itu PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator.

"Untuk hal ini, kami mengajukan gagasan untuk menggelar pertandingan hanya dengan durasi 3x30 menit dan memungkinkan pergantian di masa rehat agar pemain tidak mengalami kelelahan sehingga menghindarkan pemain dari risiko cedera. Tapi mereka juga nampaknya tidak mendengarkan hal itu," katanya.

Namun, Robert Rene Alberts memastikan Persib Bandung akan terlibat di Piala Menpora 2021. Saat ini pihaknya tengah berupaya untuk membentuk tim dengan memaksimalkan waktu yang dimiliki.

"Jadi, kita akan menghadapi sebuah turnamen dengan persiapan sekitar tiga pekan, ini tentu menjadi sebuah situasi yang sangat sulit untuk setiap orang tapi seperti yang saya katakan dari awal, ada sebuah harapan dan kita dibangun dari harapan tersebut. Meskipun sebenarnya kita juga mendengar saran dari para profesional, yang jika bisa berjalan akan memberikan manfaat dalam jangka panjang sepak bola Indonesia."

"Setelah turnamen, kita bisa menjalani masa pramusim selama satu setengah bulan dan memulai Liga di awal Agustus, selaras dengan jadwal rehat di sepak bola Eropa karena kita juga mengikuti kalender FIFA, yang mana mungkin juga digelar di Indonesia. Liga akan mulai di Agustus dan berakhir di bulan Mei," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Robert Rene Alberts Piala menpora Persib Bandung Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan