Pelatih Persija Berharap Liga 1 Dilanjutkan dengan Penonton

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 21 Oktober 2022
Pelatih Persija Berharap Liga 1 Dilanjutkan dengan Penonton
Aksi The Jakmania saat mendukung Persija Jakarta menghadapi Persis Solo di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (31/7) sore WIB. (Media Persija)

BolaSkor.com - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, merespons wacana yang menyebutkan bahwa Liga 1 2022/2023 akan dilanjutkan tanpa penonton atau jumlah penontonnya dibatasi, pasca Tragedi Kanjuruhan.

Hal ini berkaitan dengan uji coba penerapan sistem keamanan baru di Liga 1 yang sedang dirumukan oleh Satuan Tugas Transformasi Sepak Bola Indonesia yang dibentuk PSSI bersama FIFA, AFC, dan pemerintah.

Nantinya sistem keamanan baru tersebut akan diuji pada 15-18 November lewat beberapa pertandingan Liga 1 dengan tim dan stadion yang sudah dipilih sebelumnya. Jika uji coba ini berhasil, Liga 1 akan dilanjutkan sepenuhnya mulai 25 atau 26 November 2022.

"Saya ingin selalu ada suporter karena saya merasa mereka layak mendapatkan (kesempatan) masuk ke stadion dan menonton sepak bola lagi karena sudah dua tahun tanpa sepak bola akibat pandemi COVID-19. Jadi saya pikir semua sudah bisa normal," kata Thomas Doll.

Meski demikian, Thomas Doll sepakat perlu adanya pembenahan sistem keamanan dalam mengamankan pertandingan sepak bola. Menurutnya, penting untuk membuat suporter merasa aman dan nyaman ketika mereka menonton langsung di stadion.

"Sehingga mereka bisa sehat dan pulang ke rumah dengan selamat," ujar pelatih asal Jerman tersebut.

Baca Juga:

Persija Agendakan Uji Coba Lawan Tim Liga 1 Pekan Depan

Harapan Hanno Behrens saat Liga 1 Kembali Bergulir

Thomas Doll kemudian menjelaskan pentingnya kehadiran suporter di dalam stadion. Menurutnya, pertandingan sepak bola tanpa keberadaan suporter itu atmosfernya akan berubah total.

Itu pernah dirasakan di berbagai penjuru dunia ketika pandemi COVID-19 menyerang pada 2020 lalu. Saat itu semua kompetisi di dunia, termasuk di Eropa, berlangsung tanpa penonton, bahkan pertandingan sempat dihentikan seluruhnya.

"Sepak bola tanpa suporter menurut saya berbeda. atmosfernya berbeda, sepak bola tanpa suporter seperti pertandingan latihan. Tidak ada emosional, yang semua dirasakan pemain dan tim dan mereka (suporter) yang nonton lewat televisi," ujarnya.

Untuk saat ini, Thomas Doll masih menantikan secara resmi regulasi yang akan diterapkan PSSI ke depan seperti. Yang pasti, eks pelatih Borussia Dortmund itu berharap ada solusi terbaik untuk semua pihak.

"Karena saya merasa situasi finansial dari setiap klub terpengaruh kalau tidak ada suporter. Karena klub ada suporter yang bayar tiket, terus sponsor juga. Jadi semua terkait satu sama lain," tuturnya.

Persija jakarta Liga 1 Thomas Doll Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.297

Bagikan