BolaSkor.com - Pelatih Persik Kediri, Joko Susilo turut berkomentar atas wacana kelanjutan Liga 1 2020 tanpa kehadiran suporter. Hal itu tak lain semata-mata atas pertimbangan kesehatan, lantaran kelanjutan Liga 1 nanti akan berlangsung di tengah masa pandemi COVID-19.

"Mungkin tidak ada suporter, tidak ada masalah. Karena memang tidak bisa (mengklaim) nol risiko sendiri, arena di luar (negeri) situasinya juga sama," tutur Joko Susilo.

Meski begitu, ia masih tetap menyimpan harapan bahwa hal itu tidak sampai terjadi. Pasalnya, sepak bola Indonesia sudah sangat lekat dengan ingar bingar teriakan suporter dari tribun stadion, di setiap laga kandang.

Baca Juga:

Pelatih Persik Kediri Joko Susilo Tak Lantas Merasa Aman jika Liga 1 2020 Tanpa Degradasi

Komisaris Persib Umuh Muchtar Tetap Berharap Lanjutan Liga 1 2020 dengan Penonton

Apalagi, keberadaan suporter jelas sangat dibutuhkan Persik Kediri untuk menjaga stabilitas finansial maupun motivasi bertanding. Oleh karena itu, Joko Susilo masih berharap Stadion Brawijaya, markas tim Macan Putih tetap bisa dihadiri suporter nantinya.

"Mungkin kalau memungkinkan, tetap dengan suporter. Mungkin seperti di masjid-masjid, diberi jarak satu meter dan semua orang harus mengerti," ungkap juru taktik dengan lisensi AFC Pro tersebut.

"Lalu untuk (pembelian) tiket dilakukan secara online semua. Karena harus berpikir maju semua, maka saya pikir hal itu bisa dilakukan," imbuh mantan striker Arema Malang di era Liga Indonesia tersebut.

Keberadaan suporter memang sangat dibutuhkan Persik Kediri dalam melangsungkan pertandingan di kandang. Terbukti, kehadiran Persik Mania pada dua pertandingan awal Liga 1, yaitu saat menjamu Bhayangkara FC dan Persiraja Banda Aceh awal Maret lalu. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)