BolaSkor.com - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago menyampaikan saran kepada PSSI terkait rencana menggelar kompetisi Liga 1 2021. Namun sebelum itu, ia menilai seharusnya ada masa pramusim.

Dari informasi yang berkembang, Liga 1 2021 akan dimulai setelah Hari Raya Idul Fitri pada awal Juni. Jika informasi itu benar, maka Jacksen menilai masa pramusim harus bisa digelar pada bulan depan.

"Saya pikir, masa pra musim bisa dimulai pada Maret. Kenapa demikian? Karena pertengahan April kita sudah memasuki bulan puasa," ujar Jacksen F Tiago.

Baca Juga:

Piala AFC: PSSI Bantu Cari Solusi Finansial untuk Persipura

Bali United Segrup Hanoi FC dan Boeung Ket di Piala AFC 2021

Pendapat itu disampaikannya melalui pertimbangan teknis dari kacamata seorang pelatih. Bahwa setiap tim perlu waktu ekstra dalam mengembalikan level terbaiknya setelah tanpa kompetisi hampir satu tahun.

"Di kompetisi lainnya, kenapa selalu ada jarak dua bulan antara akhir kompetisi dan saat akan dimulai. Karena untuk mengembalikan sentuhan bola yang hilang," ulasnya.

"Jika benar kompetisi dimulai awal Juni, maka masa pra musim dimulai Maret. Itu sudah tepat, bukan lagi ideal. Dan sungguh tidak tepat jika kompetisi bergulir tanpa masa pra musim," imbuhnya.

Jacksen masih menunggu bagaimana kejelasan program Persipura ke depannya. Tim Mutiara Hitam sejauh ini masih tanpa aktivitas sepak bola, sejak dibubarkan pasca Liga 1 batal berlanjut pada awal November 2020 lalu. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi/Malang)