BolaSkor.com - Kesan Alexander Dimitrov terhadap sepak bola Indonesia belum pudar. Meski Indonesia masih jauh dari level dunia, namun ada pelajaran yang bisa dipetik.

Hal ini diutarakan Alexander Dimitrov dalam wawancaranya kepada Trud. Dalam wawancara pelatih 44 tahun itu bicara soal perkembangan sepak bola usia muda, prestasi Bulgaria, dan reaksi di tengah masyarakat.

Ia juga menanggapi suara yang mengatakan dirinya pantas menangani Timnas Senior Bulgaria. Alexander Dimitrov enggan berspekulasi lebih lanjut. Meski menurutnya akan menjadi kebangaan jika bisa memimpin Timnas Bulgaria.

Baca Juga:

Segrup Timnas Indonesia, UEA Nyaris Depak Pelatihnya

Ricky Yacobi di Mata Bambang Pamungkas

Alexander Dimitrov. (Dnevnik)

Alexander Dimitrov saat ini masih sebagai pelatih Timnas Bulgaria U-21. Status itu melekat sejak 2018 setelah sempat menangani Timnas U-17 dan klub Conneliano dan Vitosha. Kontraknya sebagai pelatih Timnas U-21 dilaporkan akan segera berakhir.

Salah satu pelajaran yang dipetik dari sepak bola Indonesia, yakni soal kecintaan. Menurutnya masyarakat Indonesia cinta sepak bola dan hal tersebut diharapkannya ada dalam diri orang Bulgaria.

Ia mengatakan demikian karena pernah berkarier di Indonesia. Alexander Dimitrov merupakan orang kepercayaan Ivan Kolev dalam rentang waktu 2006-2008. Ia mendampingi Ivan Kolev sebagai asisten pelatih, termasuk di Persipura dan Timnas Indonesia.

"Awal karier kepelatihan saya di Indonesia. Saya pertama kali menjadi asisten di tim Persipura di bawah arahan Ivan Kolev pada 2007. Saya kemudian menjadi asistennya di tim nasional. Anda akan berkata, ini (hanya) Indonesia. Namun di sana kecintaan pada sepak bola sangat besar," katanya ketika bicara soal kemungkinan menangani klub.

"Tidak kurang 5.000 orang dalam sesi latihan. Dengan penjagaan polisi kami berjalan sejauh 5 kilometer dalam 50 menit. Bulgaria harus mengingat saat-saat seperti itu. Orang Bulgaria harus kembali punya kecintaan pada sepak bola," jelasnya.