Pelatih Timnas Indonesia Belajar dari Didier Deschamps dan Marco van Basten

Muhammad AdiyaksaMuhammad Adiyaksa - Selasa, 06 November 2018
Pelatih Timnas Indonesia Belajar dari Didier Deschamps dan Marco van Basten
Pelatih Prancis, Didier Deschamps. (Instagram Didier Deschamps).

BolaSkor.com - Banyaknya pelatih kelas dunia di Piala AFF 2018 tidak membuat juru taktik Timnas Indonesia, Bima Sakti Tukiman minder. Ada Sven-Goran Eriksson di Filipina dan ada pula Milovan Rajevac di Thailand.

Eriksson tergolong pelatih terpandang di Eropa. Arsitek asal Swedia ini pernah mengantar Lazio meraih gelar juara Liga Italia pada 2000 silam. Dua tahun kemudian, Eriksson mengomandoi Inggris di Piala Dunia 2002.

Adapun, Rajevac adalah eks pelatih Ghana di Piala Dunia 2010. Tangan dingin arsitek asal Serbia itu berhasil membawa Michael Essien dan kawan-kawan hingga babak semifinal.

Dua pelatih itu pun akan menjadi lawan Bima di Grup B Piala AFF. Menolak untuk takut, arsitek berusia 42 tahun ini punya bekal untuk menghadapi racikan kelas dunia.

"Persaingan, semua punya peluang. Kemarin saya sempat ke London, saya bertemu Didier Deschamps (pelatih Prancis) dan Marco van Basten (eks pelatih Belanda). Mereka presentasi bahwa tak ada pelatih di dunia manapun yang bisa menentukan hasil," ujar Bima.

"Tapi latihan dan permainan semakin bagus banyak yang bisa (menentukan hasil). Jadi, besok kami akan juara, ya tidak ada. Tapi yang pasti mereka para pemain harus berusaha," tutur Bima Sakti.

Timnas Indonesia akan membuka kiprah di Grup B dengan menghadapi Singapura, 9 November. Itu sebelum menjamu Timor Leste, tampil di kandang Thailand, dan melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Piala aff Piala AFF 2018 Didier deschamps Bima sakti Marco Van Basten Timnas Indonesia
Posts

1.188

Bagikan