Pelatih Timnas Kroasia Ungkap Kiat-kiat Menetralisir Ancaman Lionel Messi

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 01 November 2018
Pelatih Timnas Kroasia Ungkap Kiat-kiat Menetralisir Ancaman Lionel Messi
Lionel Messi (Zimbio)

BolaSkor.com - Megabintang FC Barcelona, Lionel Messi, dikenal dengan reputasinya sebagai pesepakbola yang jenius. Berkaki kidal, Messi yang tadinya berperan sebagai penyerang sayap bertransformasi menjadi playmaker.

Ketika La Pulga sudah berada di puncak permainannya, sulit menghentikan pergerakannya dan merebut bola darinya. Dalam sekejap mata, bola sudah dioper ke rekan setim atau bersarang ke gawang lawan.

Tempo hari bek Juventus, Giorgio Chiellini, pernah berkata lebih mudah menghentikan Cristiano Ronaldo karena permainannya bisa diprediksi ketimbang Messi, yang penuh kejutan. Berbicara soal Messi, performanya dengan Barcelona dan timnas Argentina juga bertolak belakang 180 derajat.

Lebih mudah menghentikannya di timnas ketimbang Barcelona. Cukup banyak pelatih yang sukses melakukannya. Salah satunya adalah Zlatko Dalic, pelatih timnas Kroasia. Di fase grup Piala Dunia 2018, Kroasia menang telak 3-0 kontra Argentina.

Dalic mencoba berbagi kiat-kiat untuk menetralisir ancaman dari pemain berusia 31 tahun tersebut. "Bagi saya, Leo Messi adalah pemain terbaik dunia dan dia menunjukkannya dari pekan ke pekan berikutnya," ucap Dalic kepada Goal.

"Lebih sulit untuk Messi bermain untuk Argentina ketimbang Barcelona, dan kami berusaha mengeksploitasi apa yang kami anggap kelemahan kecil di timnas Argentina. Kuncinya adalah kedisiplinan dan mengikuti rencana taktik sepenuhnya, pemain kami melakukannya."

"Kami mencoba menghentikan bola mencapai Messi dan untuk 'mematikannya' dengan cepat di area tempat dia menerima bola. Sebagus apapun Messi, sepak bola olahraga tim dan jika satu tim tampil lebih baik maka sulit bagi individu manapun untuk beraksi," pungkas Dalic.

Breaking News Lionel Messi FC Barcelona Timnas Kroasia Timnas Argentina Zlatko Dalic Piala Dunia 2018
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan