BolaSkor.com - Vietnam akhirnya memastikan diri melangkah ke final Piala AFF 2018. Kepastian itu didapat usai Vietnam menyingkirkan Filipina dengan agregat, pada dua laga semifinal Piala AFF 2018.

Vietnam menang 2-1 di kandang Filipina, Stadion Panaad. Setelah itu, Vietnam kembali menang 2-1 atas Filipina di My Dihn Stadium, Hanoi, Kamis (6/12) kemarin.

Dua gol Vietnam dilesakkan oleh Nguyen Quang Hai (83') dan Nguyen Cong Phuong (87'). Filipina hanya bisa memperkecil kedudukan melalui James Younghusband pada menit ke-89.

Pelatih Vietnam, Park Hang-seo, merasa senang dan bersyukur membawa timnya melaju ke final untuk pertama kali sejak 10 tahun terakhir. Meski begitu, ia tetap merendah bisa mengalahkan Filipina di bawah asuhan Sven-Goran Eriksson.

Baca Juga:

Piala AFF 2018: Kembali Tekuk Timnas Filipina 2-1, Vietnam Tantang Malaysia di Final

Penggawa Timnas Malaysia Beri Jawaban soal Selebrasi Provokasi ke Kiper Thailand

Timnas Thailand Terhenti, Rajevac: Malaysia Layak ke Final Piala AFF 2018

Menurutnya, dirinya tak selevel dengan Sven-Goran Eriksson, meski menyingkirkan Filipina. Selanjutnya, Vietnam akan berhadapan dengan Malaysia di laga final dengan sistem kandang-tandang, pada 11 dan 15 Desember 2018.

"Ini kali pertama Vietnam bermain di final setelah 10 tahun lamanya. Saya ingin berterima kasih kepada suporter Vietnam dan seluruh pemain untuk pertandingan hari ini," ujar Park Hang-seo dikutip dari Fox Sport Asia.

"Setelah ini, saya harap semuanya tak membandingkan saya dengan coach Eriksson. Dia itu pelatih kelas dunia. Saya sangat tersanjung bisa melawan dirinya di Piala AFF ini. Meski saya mengalahkannya dua kali, level saya masih belum bisa dibandingkan dengannya," tambah pelatih 59 tahun itu.