BolaSkor.com - Pemain anyar Barcelona, Frenkie de Jong, menunjukkan kemampuannya saat membela timnas Belanda melawan Inggris dalam pertandingan semifinal UEFA Nations League, di Estadio D. Afonso Henriques, Guimaraes, Portugal, Jumat (7/6) dini hari WIB. Berdasarkan statistik, De Jong adalah pemain paling bersinar pada laga itu.

Dengan guyuran hujan beberapa jam sebelum pertandingan, para pemain menjadi kesulitan menunjukkan performa terbaik. Apalagi, pertandingan itu harus diselesaikan hingga babak tambahan.

Inggris mendapatkan hadiah tendangan penalti ketika pertandingan berjalan 30 menit. Matthijs de Ligt melakukan pelanggaran pada Marcus Rashford. Striker Manchester United itu maju sebagai algojo dan menjalankan tugasnya dengan baik.

Pada babak kedua, timnas Belanda memasukkan Quincy Promes dan Donny van de Beek untuk meingkatkan serangan. Hasilnya, The Oranye menyamakan kedudukan pada menit ke-73 usai sepak pojok Memphis Depay ditanduk De Ligt dan membobol gawang The Three Lions.

Pada babak tambahan, stamina para pemain mulai terkuras. Hasilnya, John Stones dan Kyle Walker melakukan blunder. Bola muntah yang coba dihalau Walker justru masuk ke dalam gawang Jordan Pickford. Inggris tertinggal 2-1 pada menit ke-97.

Baca juga:

9 Fakta Menarik Usai Belanda Sisihkan Inggris di Semifinal UEFA Nations League

Mengenal Lebih Dekat UEFA Nations League

Frenkie de Jong

Pemain belakang Inggris kembali melakukan kesalahan yang berujung gol ketiga Belanda. Berawal dari kesalahan Harry Maguire dan Ross Barkley, bola direbut Memphis Depay yang mengirimkan umpan untuk diselesaikan Promes menjadi gol.

Di tengah sengitnya laga itu, Frenkie de Jong menjelma sebagai pemain paling mengilap. Meski tidak mencetak gol, namun De Jong menjadi otak permainan Belanda.

Berdasarkan catatan Opta, Frenkie de Jong menorehkan 105 umpan, 128 sentuhan, 5 tekel, dan 13 recoveries selama pertandingan. Jumlah itu menjadi catatan terbaik dibanding pemain lainnya.

Selain itu, De Jong terlihat punya stamina yang mumpuni dibanding pemain lainnya. Gelandang 22 tahun itu menampilkan mobilitas tinggi sebelum akhirnya ditarik keluar dan digantikan Kevin Strootman pada menit ke-114.

Permainan Frenkie de Jong juga lebih komplet dibanding gelandang Barcelona saat ini, Sergio Busquets. De Jong punya insting menyerang yang lebih baik dan bisa menjadi pembagi bola ke lini depan.

Barcelona kembali melakukan pembelian jitu ketika memboyong Frenkie de Jong dari Ajax Amsterdam dengan mahar 75 juta euro pada musim dingin lalu.