Pemain-pemain di Enam Klub Top Premier League Dijadikan Pondasi Utama Timnas Inggris

Arief HadiArief Hadi - Senin, 21 Mei 2018
Pemain-pemain di Enam Klub Top Premier League Dijadikan Pondasi Utama Timnas Inggris
Timnas Inggris dibentuk dari pondasi pemain-pemain di enam klub top Premier League (Getty Images)

BolaSkor.com - Publik, khususnya masyarakat Inggris, akan kembali menjadi saksi penantian sepak terjang Timnas Inggris di Piala Dunia 2018. The Three Lions - julukan Timnas Inggris - sering berpatisipasi di turnamen besar sekaliber Euro atau Piala Dunia. Skuat yang mereka bawa pun termasuk kategori pemain top.

Akan tetapi, entah kenapa, Inggris seret prestasi dengan satu-satunya trofi besar terakhir diraih pada tahun 1966 di ajang Piala Dunia. Sejak saat itu, Inggris hanya sekedar meramaikan Euro atau Piala Dunia, bahkan di saat pemain-pemain dalam generasi emas seperti Steven Gerrard, Frank Lampard, Rio Ferdinand, bermain. Tidak aneh jika Inggris disebut tim yang overrated - dinilai terlalu berlebihan.

Gareth Southgate adalah pelatih Timnas Inggris yang ingin mengubah stigma tersebut. Ia jadi manajer kesekian setelah Steve McClaren, Fabio Capello, Roy Hodgson, dan Sam Allardyce, yang ingin coba membangkitkan sepak bola Inggris.

Southgate telah memanggil 23 pemain untuk memperkuat skuat Timnas Inggris di Piala Dunia 2018. Sebagian besar pemain tersebut membela enam klub top Premier League seperti Manchester United, Manchester City, Tottenham Hotspur, Liverpool, Chelsea, dan Arsenal. Mereka berada pada usia yang relatif muda. Southgate pun ingin membentuk pondasi Inggris dari pemain-pemain tersebut.

"Saya pikir skuat sekarang besar. Kita semua melihat Manchester City miliki empat pemain inti Inggris yang bermain dari pekan ke pekan, United juga, begitu juga Liverpool. Lihat pengalaman (Jordan) Henderson, Alex Oxlade-Chamberlain, Adam Lallana, dan Trent (Alexander-Arnold) yang bermain di Liga Champions," tutur Southgate di Goal, Minggu (20/5).

"Hal serupa juga terjadi di Tottenham dan City. Mereka telah berada di lingkungan laga besar dan tahu hal yang dibutuhkan (ketika bermain di laga besar) - komitmen, pola pikir, dan tantangan yang harus dilalui."

"Mereka bekerja dengan pelatih-pelatih top Eropa. Selalu ada asumsi pelatih-pelatih Eropa yang datang ke sini (Inggris) dan memilih pemain asing. (Mauricio, manajer Tottenham) Pochettino juga mengandalkan pemain-pemain Inggris - ini pesan yang bagus untuk pemain kami," tambah Southgate.

Seluruh pemain yang membela Timnas Inggris tidak semuanya berasal dari enam top Premier League, ada juga yang berasal dari Stoke City, Everton, Burnley, dan Leicester City. Inggris tergabung di grup G bersama Belgia, Panama, dan Tunisia.

Breaking News Timnas Inggris Piala Dunia 2018 Gareth southgate Manchester City Tottenham Hotspur Manchester United
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan