Pemain-pemain Terbaik di Lima Liga Top Eropa Versi CIES

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 29 Maret 2018
Pemain-pemain Terbaik di Lima Liga Top Eropa Versi CIES
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi masih jadi yang terbaik di kategori berbeda (Getty Images)

BolaSkor.com - Sudah bukan rahasia lagi, jika CIES selaku pusat penelitian sepak bola Eropa, selalu menarik perhatian pencinta sepak bola Benua Biru ketika merilis daftar pemain terbaik, di kategorinya masing-masing, berdasarkan penilaian statistik dan hitungan algoritma.

Hasil CIES tidak memberi jaminan mutlak. Namun, akurasi kebenarannya paling tidak mencapai persentase kurang lebih 90 persen. Pasalnya, CIES mempertimbangkan banyak hal sebagai bahan penilaian untuk mengeluarkan daftar pemain-pemain terbaik. Ketika mengevaluasi performa mereka, CIES mempertimbangkan: akurasi, distribusi, recovery (merebut bola), take on (berhadapan dengan lawan), menciptakan peluang, dan menendang bola. Pencapaian bersama klub juga dijadikan tolok ukur.

Kali ini, CIES mengeluarkan daftar pemain-pemain terbaik yang berada di lima liga top Eropa (Jerman, Italia, Prancis, Inggris, dan Spanyol), yang dibagi menjadi tujuh kategori, yaitu: kiper, bek tengah, full-backs, gelandang bertahan, gelandang box to box, penyerang sayap, dan striker. Siapa saja yang menempati urutan teratas ketujuh kategori tersebut?

Toni Kroos Cristiano Ronaldo Lionel Messi
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.161

Bagikan