BolaSkor.com - Taiwan U-19 harus mengakui keunggulan Uni Emirat Arab (UEA) U-19 dengan skor telak 1-8, pada laga kedua Grup A Piala Asia U-19 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (20/10) sore WIB.

Dalam laga tersebut, delapan gol UEA U-19 dilesakkan oleh Ahmed Fawzi (10'), Ali Saleh (20' dan 67'), Majid Rashid (35' dan 75'), Rashed Mubarak (57' dan 59'), dan Abdulla Alnaqbi (70'). Sedangkan Taiwan U-19 hanya bisa membalas melalui Wu Yen-shu pada menit ke-74. Skor 8-1 untuk kemenangan UEA U-19.

Pelatih timnas Taiwan U-19, Vom Ca Nhum, mengatakan bahwa para pemainnya mengalami keracunan makanan jelang melawan UEA U-19. Ada 3 orang yang masih dirawat di rumah sakit.

"Pemain kami bermasalah pada perutnya karena makanan. Dokter dari AFC mengamati makanan itu. Kami sudah mengganti makanan, koki, dan restaurant. Sampai saat ini, ada tiga orang yang dirawat di rumah sakit," kata Vom Ca Nhum.

Meski begitu, ia enggan menyebut keracunan makanan sebagai penyebab kekalahan Taiwan U-19 dari UEA U-19. Faktor utama kekalahan timnya jelas karena kurangnya pengalaman para pemain di level internasional.

"Tapi sekali lagi, itu bukan alasan untuk kami kalah. Saya menjelaskan keracunan makanan bukan alasan kalah, tapi saya sanjung para pemain saya karena sudah berjuang sampai akhir. Saya ucapkan selamat kepada UEA," ujarnya.

"Kami butuh pengalaman internasional. Para pemain kami terlihat sangat kurang pengalaman dalam pertandingan tadi. Pemain kami terlihat jelas kalah pengalaman dari UEA dalam pertandingan tadi. Tapi, saya ucapkan terima kasih kepada pemain karena berjuang. Saya tidak mencari alasan dari kekalahan kami. Pemain kami kalah banyak dari fisik dan pengalaman."

Hasil ini membuat UEA U-19 memuncaki klasemen sementara Grup A dengan raihan 6 poin dari 2 laga. Sedangkan Taiwan U-19 gugur dari ajang ini, usai belum mengoleksi poin dan berada di dasar klasemen sementara.

UEA U-19 masih akan menghadapi Timnas Indonesia U-19 di pertandingan terakhir pada Rabu (24/10). Begitupun Taiwan U-19 menghadapi Qatar U-19 di hari yang sama.