BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-16 saat ini sedang menjalani pemusatan latihan atau training camp (TC) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang sejak 20-29 September 2020 mendatang. Selama TC ini, para pemain Timnas Indonesia U-16 tidak boleh mengkonsumsi makanan sembarangan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti. Bahkan Bima tidak segan-segan akan memberikan denda Rp100 ribu kepada pemain, jika memang ada yang ketahuan makan-makanan dari luar.

Saat ini, kebiasaan makan para pemain Timnas Indonesia level senior hingga junior sempat ramai dibicarakan. Ini setelah sejumlah pemain sepak bola senior pamer makanan di media sosial. Makanan tersebut mendapat sorotan tajam dari publik karena terbilang tidak sehat untuk ukuran atlet.

"Masalah menu makanan kami sudah buat dari awal dulu. Sejak persiapan Piala AFF, kemudian kualifikasi, dan sekarang Piala Asia. Kami sudah buat (aturannya) bahwasanya ada dendanya," kata Bima saat melakukan konfrensi pers virtual, yang juga dihadiri oleh BolaSkor.com, Sabtu (26/9).

Baca Juga:

Bima Sakti Langsung Geber Timnas Indonesia U-16 dengan Latihan Berintensitas Tinggi

Stadion Patriot Dipakai untuk Pasien COVID-19, Timnas Indonesia U-16 Pindah ke Stadion Wibawa Mukti

"Jadi kalau ketahuan pesan makanan melalui aplikasi online, atau makanan di luar, saya sih menyampaikannya makanan sampah dan makanan racun. Saya tidak bisa sebutkan satu-satu tapi seperti makanan berminyak, goreng-gorengan, itu mereka kena denda Rp 100 ribu," lanjutnya.

Mantan kapten Timnas Indonesia era 1990-an itu menjelaskan aturan ini bukan semata-mata untuk melihat denda yang diberikan oleh tim pelatih. Melainkan untuk memberikan edukasi kepada para pemain Timnas Indonesia U-16 agar tidak makan sembarangan.

"Jadi ketika mereka naik ke level U-19, U-23, mereka sudah terbiasa (dengan pola makan sehat)," ujar pria yang pernah meraih gelar juara Liga Indonesia bersama PSM Makassar tersebut.

"Dan kami juga sudah berkoordinasi dengan tim dokter. Lagipula kemarin PSSI juga sudah menyiapkan ahli gizi, jadi kami sudah terkoordinasi untuk makanan-makanan yang baik untuk seorang atlet," pungkasnya.

Seperti diketahui, TC yang dilakukan oleh Timnas Indonesia U-16 ini merupakan persiapan untuk menghadapi Piala Asia U-16 yang digelar di Bahrain, awal tahun 2021 mendatang. Pada ajang tersebut, Skuat Garuda Muda tergabung di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan China.

Selain melakukan TC di Indonesia, rencananya Timnas Indonesia U-16 akan melakukan TC di luar negeri pada Oktober atau November mendatang. Namun masih belum diketahui, negara mana yang akan menjadi tempat TC Timnas Indonesia U-16.